PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI KELURAHAN RAWABADAK UTARA JAKARTA UTARA (Studi Eksperimen di kelurahan Rawabadak Utara)

Raden Roro Yurwita Permata Putrie, . (2016) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI KELURAHAN RAWABADAK UTARA JAKARTA UTARA (Studi Eksperimen di kelurahan Rawabadak Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (185kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (489kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (269kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (121kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (609kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe student teams achivemen division (STAD) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Populasi penelitian ini adalah siswa SD kelas IV di kelurahan Rawabadak dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Rawabadak Utara 11 Pagi Jakarta Utara sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posttest only control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan penilaian kinerja dan kemudian dianalisis dengan uji-t. berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitumh= 3,49 dan ttabel=1,699 pada dk=29 dan taraf signifikan 0.05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukan bahwa model cooperative learning tipe student teams achievement division (STAD) berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Hasil ini menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dapat dijadikan sebagai salah satu upaya mengembangkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R Supriatna, M. Pd ; 2). Dr. Muhamad Syarif Sumantri, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2019 10:46
Last Modified: 14 Nov 2019 10:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item View Item