PEMBELAJARAN KITAB AKHLAK LIL BANIN UNTUK MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI PESANTREN DAARUL ULUUM KAMPUS 1 BOGOR

MUHAMMAD FAKHIR REVANJI, . (2021) PEMBELAJARAN KITAB AKHLAK LIL BANIN UNTUK MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI PESANTREN DAARUL ULUUM KAMPUS 1 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana membentuk akhlak siswa melalui Pembelajaran Akhlak Lil Banin di Pesanten Daarul Uluum Kampus 1 Bogor. Bagaimana strategi, peran, dan faktor pendukung dan faktor penghambat. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk dapat memberikan kontribusi dalam rangka membentuk akhlak siswa melalui kegiatan Pembelajaran Akhlak Lil Banin.Metode penelitian yang digunakan adalah pnelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analisis yang akan mendeskripsikan dan menjelaskan Pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin di Pesanten Daarul Uluum Kampus 1 Bogor dan bagaimana cara membentuk akhlak siswa melalui Pembelajaran Akhlak Lil Banin ini. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui berbagai metode, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode obervasi dilakukan untuk memperoleh informasi langsung di lapangan, sedangkan metode wawancara dilakukan untuk memperoleh data yang lebih mendalam mengenai pembentukan akhlak siswa melalui Pembelajaran Akhlak Lil Banin. Serta beberapa bentuk dokumentasi dari penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa membentuk akhlak siswa melalui Pembelajaran Akhlak Lil Banin, yaitu dengan cara siswa mendengarkan, memahami, dan mencatat rangkuman materi apa yang disampaikan guru agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Pembelajaran Akhlak Lil Banin ini adalah dengan cara pembiasaan yang dilakukan secara rutin yang dimana kegiatan tersebut didalamnya mengandung nilai-nilai pembentukan akhlak yang harus dimiliki dalam menjalani kehidupan sehari-hari. This research aims to describe and analyze how to morals formation of student through Akhlak Lil Banin book program in Daarul Uluum Modern Islamic Boarding School. What are the strategies, roles, and supporting factors and inhibiting factors. The benefit of this research is that it can to contribute to morals formation of student through Akhlak Lil Banin book program in modern islamic boarding school Daarul Uluum. The research method used is qualitative research with a descriptive-analysis approach that will describe and explain the application of the Akhlak Lil Banin study program at the Daarul Uluum Modern Islamic Boarding School in Bogor and how to form student morals through this Lil Banin book study program. The data in this study were obtained through various methods, namely the method of observation, interviews, and documentation. The observation method was carried out to obtain direct information in the field, while the interview method was carried out to obtain more in-depth data about improving the religious character of students through the Akhlak Lil Banin book study program. As well as several forms of documentation from the research conducted. The results of the study concluded that form students' morals through the Akhlak Lil Banin book study program, namely by listening to, understanding, and recording a summary of what the teacher delivered so that it could be applied in everyday life. The method used in the application of Akhlak Lil Banin's book study program is by means of habituation which is carried out routinely in which these activities contain the values of moral formation that must be owned in living everyday life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc., MA ; 2). Firdaus Wajdi, PhD
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 10030 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2021 06:14
Last Modified: 19 Mar 2021 06:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15137

Actions (login required)

View Item View Item