PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KOMIK DIGITAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

RR. PRAMESTI VIDYA BHAKTI EVA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KOMIK DIGITAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengembangkan produk komik digital untuk pembelajaran IPS di kelas V SD dan kelayakan penggunaan produk komik digital yang efektif dan efesiensi dalam pembelajaran IPS di kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Kota Magelang dan SDN Rejowinangun 5 Kota Magelang dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Rowntree. Terdapat 3 tahap dalam model pengembangan Rowntree yaitu: Perencanaan, Pengembangan, dan Evaluasi. Dikarenakan kondisi Covid-19 penelitian hanya sampai pada tahap validitas hingga produk siap diuji. Sedangkan produk tersebut nantinya akan dilakukan oleh peneliti lain untuk mengetahui efektifitasnya. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media dan ahli desain instruksional, media pembelajaran komik yang dikembangkan layak diujicobakan ke lapangan dengan masing-masing skor rata-rata yang diperoleh yaitu 4,2 untuk validasi materi 4,03 untuk validasi media dan 4 untuk validasi ahli desain instruksional. Sehingga, rata-rata nilai keseluruhan adalah di angka 4,1 dimana termasuk dalam kriteria “baik”. Berdasarkan analisis pemetaan literatur mengenai pengembangan komik dapat disimpulkan bahwa pengembangan komik dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar, dapat meningkatkan pemahaman siswa dan mampu menambah variasi media pembelajaran IPS dan mampu menarik minat siswa untuk mempelajari sejarah. Kata Kunci : Media Pembelajaran, IPS, Komik Digital ******************************** This study aims to determine the process of developing digital comic products for social studies learning in grade V SD and the feasibility of using digital comic products effectively and efficiently in social studies learning in grade V SD. The subjects of this study were fifth grade students at SD Muhammadiyah 1 Magelang City and SDN Rejowinangun 5 Magelang City. The method used is research and development (R&D) with the Rowntree development model. There are 3 stages in the Rowntree development model, namely: Planning, Development, and Evaluation. Due to the condition of Covid-19, research has only reached the validity stage until the product is ready to be tested. Based on the validation results of material experts, media experts and learning design experts, the developed comic learning media is feasible to be tested in the field with an average overall score of 4.1 which is included in the "good" criteria. Based on the analysis of literature mapping on the development of comics, it can be concluded that the development of comics can increase student motivation and interest in learning, student understanding, diversity of social studies learning media and can attract students' interest. in studying history. Keywords: Learning Media, Social Studies, Digital Comics

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1. Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. ; 2. Dr. Murni Winarsih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 10026 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:04
Last Modified: 25 Mar 2021 04:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15407

Actions (login required)

View Item View Item