PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS DARING TERHADAP KONFORMITAS TEMAN SEBAYA (Studi Quasi-experiments pada Peserta Didik Kelas VIII SMP 1 Barunawati Tahun Ajaran 2020/2021)

REGITA SEKAR AYU, . (2021) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS DARING TERHADAP KONFORMITAS TEMAN SEBAYA (Studi Quasi-experiments pada Peserta Didik Kelas VIII SMP 1 Barunawati Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf

Download (515kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf

Download (539kB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf

Download (549kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh bimbingan kelompok berbasis daring terhadap konformitas teman sebaya yang terdiri dari pengaruh normatif dan pengaruh informatif. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian adalah peserta didik SMP 1 Barunawati sebanyak 16 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling bertujuan. Pengambilan data menggunakan instrumen konformitas teman sebaya dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,74. Perlakuan berupa bimbingan kelompok berbasis daring diberikan kepada kelompok eksperimen sebanyak 6 sesi, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Setelah diberikan perlakuan, sebanyak 100% kelompok eksperimen mengalami penurunan dari kategori tinggi menjadi kategori sedang, sehingga kelompok eksperimen semula merupakan individu yang ingin selalu mendapat persetujuan sebab sangat takut akan penolakan dan sangat percaya apapun yang dikatakan kelompok teman sebaya menjadi individu yang memiliki keinginan untuk diterima dalam kelompok tanpa harus mengikuti semua aturan dalam kelompok sebab individu memiliki keyakinan kuat pada apapun yang individu percaya Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney dengan nilai signifikan sebesar 0,001. Nilai signifikan sebesar 0,001<0,005, artinya H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok berbasis daring terhadap konformitas teman sebaya. Sehingga, guru BK dapat memberikan layanan bimbingan kelompok berbasis daring sebagai salah satu alternatif dari layanan BK terhadap konformitas teman sebaya peserta didik di Sekolah. Kata kunci : konformitas, konformitas teman sebaya, bimbingan kelompok, bimbingan kelompok berbasis daring. ABSTRACT The research aimed to determine the influence of online group guidance to the peer conformity which consists of normative and informative influences. The research used quantitave method with quasi experiments types. Sample of research was 16 students of SMP 1 Barunawati Jakarta who were selected using purposive sampling technique. Retrieval data are used peer conformity instrument with a reability level of 0,74. The treatment is online group guidance was given to the experimental group for 6 sessions, while the control group was not given the treatment. After being given the treatment, as much as 100% of the experimental group experienced a decrease from the high category to the medium category. So the experimental group was originally who wanted to always get approval because their was very afraid of rejection and really believed whatever the peer group said, became who had a desire to be accepted in a group without having to follow all the rules in the group because their have strong beliefs. The research result of hypothesis using Mann Whitney U-Test showed with significant value obtained with Asymp. Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,005 which means that H0 is rejected and H1 is accepted. So, the group guidance is useful to the peer conformity. Furthermore, guidance and counseling teacher can implement the online group guidance as an alternative service to the peer conformity of student in school. Keywords : conformity, peer conformity, group guidance, online group guidance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd., Kons. 2). Dr. Wirda Hanim, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 9857 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:27
Last Modified: 25 Mar 2021 04:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15426

Actions (login required)

View Item View Item