PENGARUH KONSELING KELOMPOK ONLINE TEKNIK KOGNITIF PENGARUH KONSELING KELOMPOK ONLINE TEKNIK KOGNITIF PENINGKATAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PENINGKATAN EFIKASI DIRI AKADEMIK

RAHMAH FAUZIAH, . (2021) PENGARUH KONSELING KELOMPOK ONLINE TEKNIK KOGNITIF PENGARUH KONSELING KELOMPOK ONLINE TEKNIK KOGNITIF PENINGKATAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PENINGKATAN EFIKASI DIRI AKADEMIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok online teknik kognitif pendekatan rational emotive behavior therapy terhadap peningkatan efikasi diri akademik peserta didik di salah satu SMA Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen nonequivalent (pretest dan posttest) control group design. Sampel dalam penelitian sebanyak 10 orang menggunakan teknik non-probability sampling dengan desain penelitian purposive sampling dengan kriteria peserta didik skor efikasi diri rendah dan sangat rendah. Instrumen yang digunakan adalah skala efikasi diri dengan empat pilihan dalam model skala Likert yang terdiri dari 30 butir valid dengan reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha sebesar 0,83466. Sesi treatment dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan. Hasil pengujian menggunakan uji gain ternormalisasi menunjukkan bahwa aspek level dengan nilai g = 6,33 (tinggi), aspek generality dengan nilai g = 0,36 (sedang), aspek strength dengan nilai 0,41(sedang). Sedangkan efikasi diri secara keseluruhan menunjukkan hasil g = 0,31, diinterpretasikan bahwa perubahan sedang. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui mean efikasi diri akademik sebelum dan sesudah perlakuan, selanjutnya analisis statistik Wilcoxon signed rank test untuk mengetahui perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxon signed rank test menunjukkan nilai p = 0,043 < 0,05, diinterpretasikan bahwa hasil signifikan, H1 diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh konseling kelompok online teknik kognitif pendekatan REBT terhadap efikasi diri akademik pada peserta didik. This study has a purpose to see the effect of online group counseling with cognitive techniques in Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) approach toward increasing self-efficacy academic of students in a high school in Depok. The research using quasi–experimental nonequivalent (pretest and posttest) control group design. The sample in the study was 10 people using a non –probability sampling technique with a purposive sampling research design with the criteria of low and very low self -efficacy scores. The instrument using a self – efficacy scale with four choices on a Likert scale consisting of 30 valid items with reliability using Cronbach’s alpha of 0.83466. Treatment was carried out in 6 sessions. The test results using the normalized gain test showed that the level aspect showed a value of g = 6.33 (high), the generality aspect showed a value of g = 0.36 (medium), the strength aspect showed a value of 0.41 (medium). While overall self-efficacy showed the result of g = 0.31, interpreted that change is medium. The data analysis used was descriptive analysis to determine the mean of academic self-efficacy before and after treatment, then statistical analysis Wilcoxon signed rank test to find out the difference between before and after treatment. Hypothesis testing using the Wilcoxon signed rank test shows the result of p = 0.043 <0.05, it is interpreted that the results are significant, H1 is accepted and Ho is rejected. This means that there is an effect of online group counseling with cognitive techniques in REBT approaches on self-efficacy academic in students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Happy Karlina Marjo, M. Pd.; 2. Dra. Meithy Intan R L, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 10317 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2021 02:43
Last Modified: 01 Apr 2021 02:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15710

Actions (login required)

View Item View Item