PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENSIKLOPEDIA IPA PADA MATERI BUAH MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Research and Development)

RISKA ARSITA DEWI, - (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENSIKLOPEDIA IPA PADA MATERI BUAH MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Research and Development). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (650kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (375kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia IPA Pada Materi Buah Melalui Pendekatan Kontekstual Untuk Kelas IV Sekolah Dasar (Research and Development) (2020) Riska Arsita Dewi ABSTRAK Riska Arsita Dewi. Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia IPA Pada Materi Buah Melalui Pendekatan Kontekstual Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta,2020. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan media berupa Ensiklopedia materi IPA Melalui Pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Responden dalam penelitian ini terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Dikarenakan adanya pandemi covid- 19 yang menyebabkan tidak diselenggarakannya pembelajaran di sekolah, uji coba pengguna hanya dapat dilaksanakan pada uji one to one yang terdiri dari empat siswa kelas IV Sekolah Dasar yang berdomisili dekat dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil uji coba media ensiklopedia kepada para ahli memperoleh nilai 98,3% dari ahli media, 97,5% dari ahli materi, dan 84% dari ahli bahasa. Hasil dari penilaian ketiga ahli tersebut memperoleh nilai dengan rata-rata 93,27%. Sedangkan dalam uji coba one to one memperoleh nilai 98%. Hal ini menunjukkan bahwa media Ensiklopedia memperoleh nilai Sangat Baik (SB) dengan rentang skor 75% - 100% sehingga layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup” kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci: Ensiklopedia, Kontekstual, Ilmu Pengetahuan Alam, ADDIE Development of Natural Science Encyclopedia Learning Media on Fruit Material Through a Contextual Approach for Class IV Elementary Schools. (Research and Development) (2020) Riska Arsita Dewi ABSTRACT Riska Arsita Dewi. Development of Natural Science Encyclopedia Learning Media on Fruit Material Through a Contextual Approach for Class IV Elementary Schools. Jakarta: Faculty of Education, State University of Jakarta, 2020. This study aims to produce and determine the feasibility of media in the form of a contextual-based encyclopedia of science material. The method used in this research is research and development (R&D) with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Respondents in this study consisted of media experts, material experts, and linguists. Due to the covid-19 pandemic which caused learning not to be held in schools, user trials can only be carried out in a one to one test consisting of four grade IV elementary school students who live close to the researcher. Data collection techniques used in this study were interviews, observations, and questionnaires. The results of the encyclopedia media trial to experts obtained a score of 98.3% from media experts, 97.5% from material experts, and 84% from linguists. The results of the three experts' assessment obtained an average score of 93.27%. Meanwhile, in the one to one trial, the score was 98%. This shows that the Encyclopedia media get a great score with a score range of 75% - 100% so that it is suitable to be used as a medium in learning Natural Sciences Theme 3 "Care for Living Things" in grade IV of Elementary School. Keywords: Encyclopedia, Contextual, Natural Sciences, ADDIE

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof Dr. M. S. Sumantri, M.Pd 2). Dra. Yetty Auliatty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10378 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2021 04:05
Last Modified: 05 Apr 2021 04:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15772

Actions (login required)

View Item View Item