UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur)

RINA GUSTINA, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (17kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (560kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (266kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (466kB)
[img] Text
6. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (183kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
11. BAB. I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
12. BAB. II.pdf

Download (344kB)
[img] Text
13. BAB. III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
14. BAB. IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB. V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (93kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPA melalui model siklus belajar siswa kelas IV SDN Cipinang Melayu 07 Pagi, Jakarta Timur. Penelitian dilakukan di SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I, persentase siswa yang mencapai skor tes kemampuan berpikir kritis IPA di atas ≥70 sebesar 75%. Namun, hasil tersebut belum memenuhi target. Oleh karena itu, penelitian berlanjut pada siklus II. Pada siklus II, persentase siswa yang mencapai skor tes kemampuan berpikir kritis IPA ≥70 meningkat menjadi 82,5%. Dikarenakan data tes kemampuan berpikir kritis IPA pada siklus II sudah mencapai target, maka penelitian berhenti pada siklus II. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model siklus belajar sebagai model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPA pada siswa kelas IV SDN Cipinang Melayu 07 Pagi, Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si., ; 2). Dra. Sri Kawuryan, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 15 Nov 2019 15:59
Last Modified: 15 Nov 2019 15:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1595

Actions (login required)

View Item View Item