UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PAUD SARTIKA MAMPANG PRAPATAN JAKARTA SELATAN)

NUR FATHIAH, . (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PAUD SARTIKA MAMPANG PRAPATAN JAKARTA SELATAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Sartika Mampang Prapatan, Jakarta Selatan melalui penggunaan media pembelajaran flashcard. Penelitian ini dilaksanakan pada Februari 2020. Subjek pada penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 7 orang di PAUD Sartika Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam satu siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian penggunaan media pembelajaran flashcard menunjukkan bahwa perolehan data pada siklus I adalah 80.00%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan pengenalan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa media pembelajaran flashcard dapat mengembangkan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Sartika Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. This study aims to improve introduction of the concept of number 4-5 years old children in PAUD Sartika Mampang Prapatan, South Jakarta through flashcard learning media. This research conducted in February 2020. The subject of this study is 7 children aged 4-5 years in PAUD Sartika Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. The method used for this study is classroom action research conducted in one cycle. Each cycle consist of planning, action, observation, and reflection. Data for this study collected by observation, documentation, and interviews. Thee result of this study for the first cycle are 80.00%. The result show that through flashcard learning media can increase introduction of the concept of number 4-5 years old children in PAUD Sartika Mampang Prapatan, South Jakarta. The qualitative findings showed that flashcard learning media can developed introduction of the concept of number 4-5 years old children in PAUD Sartika Mampang Prapatan, South Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd 2.) Lara Fridani, M.Psych., Ph.D
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 10307 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2021 06:05
Last Modified: 12 Apr 2021 06:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15959

Actions (login required)

View Item View Item