PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI GERAK DASAR MELOMPAT UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

MUHAMMAD FATHIN FADLI HADI SUGITO, . (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI GERAK DASAR MELOMPAT UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (642kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah multimedia pembelajaran interaktif aplikasi articulate storyline 3 pada materi gerak dasar melompat untuk siswa kelas tiga sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) model 4-D dari Thiagarajan dengan empat langkah, yaitu: Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Instrumen penilaian yang digunakan berupa kuesioner. Penilaian produk media dilakukan oleh tiga ahli, yaitu: ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil penelitian oleh ahli media memperoleh skor 94,4% dengan kategori sangat baik. Penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 92,8% dengan kategori sangat baik. Penilaian oleh ahli bahasa memperoleh skor 92,8% dengan kategori sangat baik. Hasil data analisis validasi penilaian ahli mendapatkan skor kelayakan produk sebesar 93,3% dan diatas 75% sehingga mendapatkan kategori sangat baik. Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Articulate Storyline, Multimedia Interaktif, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Abstract: This study aims to develop an interactive multimedia learning based on the application of articulate storyline 3 on basic jumping motion material for third grade elementary school students. This study uses a type of research and development (R&D) model 4-D from Thiagarajan with four steps, namely: Define, Design, Development and Dissemination. The assessment instrument used was a questionnaire. The assessment of media products is carried out by three experts, namely: media experts, material experts and linguists. The results of research by media experts obtained a score of 94,4% with very good category. The assessment by material experts obtained a score of 92,8% in the very good category. Assessment by linguists obtained a score of 92,8% with very good category. The results of the data validation analysis of expert judgment get a product feasibility score of 93,3% and above 75% so that it gets a very good category. Keyword: Research and Development, Articulate Storyline, Multimedia Interactive, Education of Physical Sports and Health

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Drs. Adi Putra, M.Pd. 2.) Prayunigtyas Angger W., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10377 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2021 06:15
Last Modified: 12 Apr 2021 06:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15961

Actions (login required)

View Item View Item