PENGARUH MENGGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Eksperimen di TK Aisyiyah 21 Rawamangun, Jakarta Timur)

RIZKA CHAIRUNNISA, . (2015) PENGARUH MENGGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Eksperimen di TK Aisyiyah 21 Rawamangun, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LEMBAR JUDUL.pdf

Download (26kB)
[img] Text
LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh menggambar terhadap kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen, dengan desain Randomized Control Group Pre test – Post test. Populasi yang diambil adalah seluruh anak usia 5-6 tahun yang bersekolah di Taman Kanak-kanak yang berada di wilayah Kelurahan Rawamangun. Dengan sampel adalah anak usia 5-6 tahun pada kelas B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 21, Jakarta Timur yang berjumlah 33 orang yaitu 17 anak di kelas B1 sebagai kelompok eksperimen dan 16 anak di kelas B3 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik random cluster sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi pengamatan pada saat kegiatan dengan pemberian perlakuan berupa kegiatan menggambar dan instrumen berupa tahapan kemampuan menulis permulaan sebelum (pre-test) dan sesudah perlakuan diberikan (posttest). Hasil tersebut dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil pengujian post-test kelompok eksperimen dan post-test kelompok kontrol dengan menggunakan uji-t bahwa diketahui hasil dari thitung 6,24 dan ttabel1,679. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan kegiatan menggambar terhadap kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun. Oleh karena itu peran guru dalam memberikan proses pembelajaran yang menyenangkan akan membuat anak lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan menggambar dengan menggunakan berbagai macam alat dan bahan untuk mengembangkan dan meningkatkan tahapan perkembangan kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hikmah, MM. M.Pd, ; 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2019 16:51
Last Modified: 15 Nov 2019 16:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item