Akhsa Lasma Yunita, . (2019) MENINGKATKAN COLLABORATION SKILL DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN CIBUBUR 11 PAGI JAKARTA TIMUR (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (115kB) |
||
Text
2. abstrak & abstract.pdf Download (251kB) |
||
|
Image
3. lembar persetujuan.jpg Download (443kB) | Preview |
|
|
Image
4. Surat keaslian skripsi.jpg Download (231kB) | Preview |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (157kB) |
||
Text
11. KATA PENGANTAR.pdf Download (89kB) |
||
Text
12. BAB 1.pdf Download (427kB) |
||
Text
13. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
||
Text
14. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
Text
17. DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (101kB) |
Abstract
Penelitian ini untuk meningkatkan Collaboration Skill dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas V SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan model yang dikemukakan oleh Kemmis & Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi melalui foto. Analisa data dilakukan dengan merefleksikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Pada siklus I collaboration skill, siswa yang mendapatkan skor ≥70 mencapai 78,1%, sedangkan pada siklus II mencapai skor 93,8%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan collaboration skill siswa kelas V SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa kelas V SD sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dan menyenangkan dengan model pembelajaran Project Based Learning untuk dapat meningkatkan collaboration skill siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. AR. Supriatna, M.Pd ; 2). Dra. Siti Rohmi Y, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 07:21 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 07:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16111 |
Actions (login required)
View Item |