MENINGKATKAN COLLABORATION SKILL DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN CIBUBUR 11 PAGI JAKARTA TIMUR (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur)

Akhsa Lasma Yunita, . (2019) MENINGKATKAN COLLABORATION SKILL DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN CIBUBUR 11 PAGI JAKARTA TIMUR (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (115kB)
[img] Text
2. abstrak & abstract.pdf

Download (251kB)
[img]
Preview
Image
3. lembar persetujuan.jpg

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Image
4. Surat keaslian skripsi.jpg

Download (231kB) | Preview
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (157kB)
[img] Text
11. KATA PENGANTAR.pdf

Download (89kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan Collaboration Skill dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas V SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan model yang dikemukakan oleh Kemmis & Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi melalui foto. Analisa data dilakukan dengan merefleksikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Pada siklus I collaboration skill, siswa yang mendapatkan skor ≥70 mencapai 78,1%, sedangkan pada siklus II mencapai skor 93,8%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan collaboration skill siswa kelas V SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa kelas V SD sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dan menyenangkan dengan model pembelajaran Project Based Learning untuk dapat meningkatkan collaboration skill siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. AR. Supriatna, M.Pd ; 2). Dra. Siti Rohmi Y, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 30 Apr 2021 07:21
Last Modified: 30 Apr 2021 07:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16111

Actions (login required)

View Item View Item