PENGARUH METODE COLLABORATIVE LEARNING DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN PONDOK KELAPA 05 JAKARTA TIMUR

DWI ARIYANTI, . (2020) PENGARUH METODE COLLABORATIVE LEARNING DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN PONDOK KELAPA 05 JAKARTA TIMUR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I (1).pdf

Download (723kB)
[img] Text
3. BAB 2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (732kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Dasar sebagai bagian dari satuan pendidikan dasar memiliki tanggung jawab besar sebagai peletak dasar pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Oleh karena itu, diperlukan konsep pembelajaran yang meaningfull learning. Proses pembelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan melalui metode collaborative learning dilaksanakan dan dikembangkan dengan maksud untuk membuka wawasan guru dalam menyusun dan mengembangkan proses pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan membandingkan dua metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran kolaboratif tipe STAD dan metode pembelajaran kolaboratif tipe jigsaw dengan variabel moderator gaya konitif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan metode pembelajaran kolaboratif dan gaya kognitif terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN Pondok Kelapa 05 Jakarta Timur diperoleh kesimpulan bahwa metode pembelajaran kolaboratif dan gaya kognitif berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan siswa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan siswa, harus diperhatikan gaya kognitif siswa sehingga bisa menentukan metode pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, STAD, Jigsaw, Gaya Kognitif.Elementary school as part of the basic education unit has a big responsibility as a foundation for developing the cognitive, affective and psychomotor aspects of students. Therefore, a meaningful learning concept is needed. The research was conducted using the experimental method by comparing two learning methods, namely the STAD type collaborative learning method and the jigsaw type collaborative learning method with the constructive style moderator variable. Based on the results of research and discussion of collaborative learning methods and cognitive styles on the learning outcomes of PPKn class V SDN Pondok Kelapa 05 East Jakarta, it is concluded that collaborative learning methods and cognitive styles affect student learning outcomes of Pancasila Civics Education. Therefore, to improve student learning outcomes Pancasila Citizenship Education, students must pay attention to the cognitive style of students so that they can determine more effective and efficient learning methods. Keywords: Pancasila and Citizenship Education, STAD, Jigsaw, Cognitive.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Japar, M.Si. 2). Dr. Asep Supena, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 10463 not found.
Date Deposited: 03 May 2021 03:44
Last Modified: 03 May 2021 03:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16118

Actions (login required)

View Item View Item