DYAH BUDI UTAMI, . (2014) PENGGUNAAN CONCEPTUAL CHANGE TEXT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN 5E UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI SMAN 4 TAMBUN SELATAN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (29kB) |
|
Text
abstrak, daftar isi.pdf Download (209kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (153kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (877kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (174kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (42kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Conceptual Change Text (CCT) dengan model pembelajaran 5E untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada materi asam dan basa di SMAN 4 Tambun Selatan. Ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas di kelas XI IPA 3. Pengumpulan data dilakukan melalui CCT, wawancara, obsevasi dan reflektif jurnal untuk mengidentifikasi miskonsepsi dan perubahan konsep siswa. Pada penelitian ini ditemukan siswa mengalami miskonsepsi pada konsep asam basa, sifat-sifat larutan asam basa, indikator asam basa, Reaksi Ionisasi larutan asam basa kuat dan asam basa lemah, nilai pH dan persamaan reaksi antara larutan asam dan basa. Hasil analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa pada siklus pertama terdapat 90% siswa pada kategori partial understanding, pada siklus kedua terdapat 83% siswa yang masuk ke dalam kategori sound understanding dan pada siklus ketiga terdapat 88% siswa yang masuk ke dalam kategori sound understanding. Data hasil penelitian tersebut merekomendasikan penggunaan conceptual change text dengan model pembelajaran 5E untuk mengatasi miskonsepsi siswa dan melakukan perubahan konsep siswa. Implikasi lain dari penelitian ini adalah siswa dibiasakan untuk memahami konsep dengan menggambarkan model mental yang mereka miliki. *********** This study aimed for exploring the integration of conceptual change text with 5E learning model to overcome students misconceptions about acids and bases in SMAN 4 Tambun Selatan. The research employed qualitative research approach with classroom action research conducted in XI IPA 3. Data are collected through CCT, interview, observation dan reflective journal to indetification students misconceptions and conceptual change. In this research students misconceptions in acid base concept, characteristic of acid base solutions, acid base indicators, ionization of strong and weak acids, ionization of strong and weak base, pH value and reaction between acid solution with base solution. The data analysis and interpretation indicates that in the first cycle there’s 90% students that have partial understanding category, in the second cycle there’s 83% students that have sound understanding category and in the third cycle there’s 88% students that have sound understanding category. The findings lead to recommendation to use conceptual change text with 5E model to overcome student misconception and fostering conceptual change. Other implication of this research is students should understanding concept by drawing their owbn mental models
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 29 May 2021 05:32 |
Last Modified: | 29 May 2021 05:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16173 |
Actions (login required)
View Item |