Sendy Resta Tirto, . (2016) Desain Pelatihan “Pembelajaran Tatap Muka (Face to Face)” Pada Diklat Dasar Instruktur di BBPLK Cevest Bekasi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (146kB) |
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (86kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (223kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (92kB) |
|
Text
Judul.pdf Download (173kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (149kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (632kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (681kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (195kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP Sendy.pdf Download (155kB) |
|
Text
Review Perbaikan Desain.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Desain Pelatihan “Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (Face to Face)” pada Diklat Dasar Instruktur di BBPLK Cevest Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) langkah – langkanya diambil dari penelitian Sugiono (2007). Untuk mengembangkan Desain Pelatihan Face to Face ini menggunakan Model Understanding by Design atau UbD (2011) atau lebih dikenal dengan Backward Design. Adapun langkah – langkah penelitian yang harus dilakukan yaitu, (1) Analisis Masalah, (2) Pengumpulan Informasi, (3) Pengembangan Desain Pelatihan dengan model Understanding by Design (UbD), (4) Expert Reviuw atau validasi desain, (5) Perbaikan dari hasil Review ahli desain, (6) Uji coba Satu – Satu (One on One ), (7) Uji coba Kelompok Kecil (Small Group), (8) Revisi produk tahap akhir. Pada prosedur pengembangan tahap tiga, yaitu pengembangan desain pelatihan dengan menggunakan model UbD dilakukan dengan tiga tahapan inti antara lain (1) Identifikasi hasil yang diinginkan; (2) Tentukan bukti yang dapat diterima; (3) Merencanakan pengalaman belajar dan pembelajaran. Produk yang dihasilkan telah dievaluasi, yaitu evaluasi Expert Reviu oleh Ahli Desain Pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 3.9 dan Expert Reviu oleh Ahli Materi sebesar 4.3, maka rata – rata keseluruhan yaitu 4.1. Evaluasi satu – satu didapatkan nilai sebesar 4.4 dan Evaluasi Kelompok kecil sebesar 4.4. Dari nilai keseluruhan yang didapatkan, maka diperoleh rata – rata keseluruhan sebesar 4.2 maka produk yang dikembangkan dapat dikatakan “Baik” dan dapat digunakan untuk mata diklat Face to Face Learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Uwes A. Chaeruman M.Pd. ; 2). Dr. Murti K Wirasti, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 12:22 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 12:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1620 |
Actions (login required)
View Item |