PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Pasirlaja 03 Kabupaten Bogor)

SITI ANNISA, . (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Pasirlaja 03 Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (951kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LEMBAR COVER.pdf

Download (95kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bepikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Pasirlaja 03 Kabupaten Bogor melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada semester II tahun ajaran 2014-2015 menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar pemantauan tindakan dan instrumen berupa soal yang dibuat sesuai dengan aspek kemampuan berpikir kritis dan catatan lapangan .Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas V melalui model Pembelajaran Problem Based Learning. Persentase perolehan instrumen kemampuan berpikir kritis pada siklus I mencapai 65.71% dan pada siklus II mencapai 91.42%. Dengan demikian pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran IPA. Implikasi dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning yang optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd ; 2). Drs. Satrio, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Nov 2019 13:53
Last Modified: 18 Nov 2019 13:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1624

Actions (login required)

View Item View Item