MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) DI KELAS V SDN PENGASINAN IV BEKASI TIMUR

TRI SANDI PRASETYA, . (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) DI KELAS V SDN PENGASINAN IV BEKASI TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (434kB)
[img] Text
3.SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (408kB)
[img] Text
5.Abstark.pdf

Download (359kB)
[img] Text
6.KATA PENGANTAR.pdf

Download (280kB)
[img] Text
7.DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
12.BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
13.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
14.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
15.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text
16.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
17.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajr IPS tentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan melalui metode role playing (bermain peran) yang berjumlah 25 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan model Kemmis dan MC Taggart. Adapun prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamantan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan data pada siklus I, hasil belajar yang diperoleh sebesar 64% atau hanya 16 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 (KKM). Pada siklus II, hasil belajar meningkat menjadi 84% atau sebanyak 21 siswa yang berhasil memperoleh nilai ≥ 70 (KKM). Adapun penggunaan metode role playing (bermain peran) pada siklus I, pemantau tindakan guru dan siswa 73,3% dan pada siklus II mencapai 86,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode role playing (bermain peran) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Pengasinan IV Bekasi Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, S. Pd., M.Pd ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M. Pd.,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 18 Jun 2021 05:29
Last Modified: 18 Jun 2021 05:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16250

Actions (login required)

View Item View Item