SYIFA ANDINI, . (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) PADA SISWA KELAS V SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Ulujami 06 Pagi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf Download (37kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (46kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
|
Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (53kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (39kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (36kB) |
|
Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (211kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (275kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meelalui model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) pada peserta didik kelas V SD. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Ulujami 06 Pagi Jakarta Selatan. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 26 peserta didik dengan 10 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan alokasi waktu setiap pertemuan 2x35 menit. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar muatan IPS melalui model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). Hasil belajar muatan IPS pada siklus I ranah konigtif mencapai 54%, ranah afektif mencapai 58% dan ranah psikomotorik mencapai 46% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat melalui model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Tunjungsari S., M.Pd., |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 05:29 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 05:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16263 |
Actions (login required)
View Item |