PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Cibubur 06 Petang dan SDN Cibubur 08 Petang

MEITHA EKA PUSPITASARI, . (2014) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Cibubur 06 Petang dan SDN Cibubur 08 Petang. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover Tesis.pdf

Download (11kB)
[img] Text
2. Daftar Isi Metha.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Bab 1 Metha_Revisi.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Bab 2 Metha_Revisi.pdf

Download (378kB)
[img] Text
Bab 3 Metha_Revisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4 Metha_Revisi.pdf

Download (694kB)
[img] Text
Bab 5 Metha_Revisi.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Metha.pdf

Download (178kB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the extent of the influence of the use of teaching methods and learning styles on student Science Learning Achievement, especially on teaching science to elementary students. If there is a high and significant influence how strong the effect of the use of teaching methods and learning styles on learning achievement of science subjects. The method used was survey research and analysis model treatment by level. Pengujian type used is a two-way ANOVA. Experiments carried out on two groups / samples where each group was given treatment (treatment) is different. The first group was taught using learning methods Jigsaw, while the second group was taught using learning methods STAD. Each group was further divided into two categories according to the types of learning styles, which is a group that has a high and low learning styles. Data on learning style is obtained through questionnaires to the respondents. For data on science learning achievement obtained through tests on respondents, such tests conducted by researchers and implemented immediately after the learning process is completed. The results of the analysis prove that : (1) there are significant learning method to science learning achievement, (2) there is the influence of learning style on science learning achievement, and (3) there is an interaction effect between learning methods and learning styles on science learning achievement. Model of influence that (a) there is a learning method to influence science learning achievement in students with high learning styles, (b) there is no effect on the learning methods of science learning achievement in students with low learning styles, (c) there is the influence of learning styles on student science learning achievement are taught using learning methods Jigsaw, and (d) there is no influence of learning style on science learning achievement who using STAD. ************ Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA, khususnya pada mata pelajaran IPA untuk siswa SD. Jika memang ada pengaruh yang tinggi dan signifikan maka seberapa kuat pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dan dengan model analisis treatment by level. Jenis pungujian yang digunakan adalah Anova Dua Arah. Eksperimen dilakukan pada dua kelompok/sampel dimana masing-masing kelompok diberi perlakuan (treatment) yang berbeda. Kelompok pertama diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw, sedangkan kelompok kedua diajar dengan menggunakan metode pembalajaran STAD. Masing-masing kelompok dibagi lagi menjadi dua kategori menurut jenis gaya belajar, yaitu kelompok yang mempunyai gaya belajar tinggi dan rendah. Data tentang gaya belajar diperoleh melalui penyebaran angket kepada responden. Untuk data tentang hasil belajar IPA diperoleh melalui tes terhadap responden, tes tersebut dilakukan langsung oleh peneliti dan dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Hasil analisa membuktikan bahwa : (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar IPA, (2) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA, dan (3) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Model pengaruhnya yaitu a) terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar IPA pada siswa dengan gaya belajar tinggi, b) tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar IPA pada siswa dengan gaya belajar rendah, c) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw, dan d) tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran STAD.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yetti Supriyati, M.Pd. ; 2). Dr. Nurjannah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:06
Last Modified: 22 Jun 2021 08:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16284

Actions (login required)

View Item View Item