SHEILA LUTHFIA MOONALIZA, . (2019) MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI QUANTUM LEARNING SISWA KELAS V SD NEGERI UTAN KAYU UTARA 01 MATRAMAN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (26kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (202kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (592kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (471kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (646kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
|
Text
11. a BAB 1.pdf Download (225kB) |
|
Text
11. b BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
Text
11. c BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
Text
11. d BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
11. e BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan self confidence dalam pembelajaran matematika melalui strategi quantum learning siswa kelas V SD Negeri Utan Kayu Utara 01 Matraman Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Utan Kayu Utara 01 Matraman Jakarta Timur, yang berlokasi di Jalan Utan Kayu Raya 107, RT. 001/009, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, 13120. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2019 hingga Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan dalam setiap I siklus. Substansi pelajaran dalam penelitian ini adalah matematika, dengan materi statistika interpretasi data menggunakan kurikulum 2013. Hasil penelitian melalui strategi quantum learning dapat meningkatkan self confidence siswa dalam belajar matematika. Self confidence siswa pada siklus I adalah 44,4% dari jumlah seluruh siswa yang memperoleh skor ≥ 80 dengan skor teoretik 25-100 yang sudah ditetapkan dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,8%. Pencapaian hasil pengamatan dari pemantauan tindakan guru pada siklus I pertemuan ke-1 adalah 64% pertemuan ke-2 sebesar 72% pertemuan ke-3 sebesar 76%. Peningkatan pada siklus II pertemuan ke-1 adalah 84% pertemuan ke-2 sebesar 92% dan pertemuan ke-3 sebesar 96%. Perolehan hasil pengamatan dari pemantauan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan ke-1 adalah 56% pertemuan ke-2 sebesar 68% pertemuan ke-3 sebesar 76%. Peningkatan pada siklus II pertemuan ke-1 adalah 80% pertemuan ke-2 sebesar 92% dan pertemuan ke�3 sebesar 96%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa strategi quantum learning dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan self confidence siswa dalam pembelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar (SD).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd ; 2). Drs. Adi Putra, M.Pd |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 06:35 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 06:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16309 |
Actions (login required)
View Item |