PENGARUH METODE SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V TENTANG EKOSISTEM DI SDN KECAMATAN CEMPAKA PUTIH JAKARTA PUSAT

RAHMADI ISLAMIYANTO, . (2019) PENGARUH METODE SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V TENTANG EKOSISTEM DI SDN KECAMATAN CEMPAKA PUTIH JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (54kB)
[img] Text
02. ABSTRAK,ABSTRACT.pdf

Download (439kB)
[img] Text
03. Lembar Persetujuan.pdf

Download (262kB)
[img] Text
04. Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (300kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (69kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
011. a. BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
011. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
011. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
011. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
011. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
012. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk melihat pengaruh metode SAVI(Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V tentang Ekosistem Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V Sekolah dasar di kecamatan Cempaka Putih dengan sampel kelas V-A SDN Cempaka Putih Timur 03 Pagi sebagai kelas kontrol dan kelas V-B SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi sebagai kelas eksperimen. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pilihan ganda untuk evaluasi hasil belajar. Kemudian dihitung normalitas data menggunakan lilliefors dan homogenitas kelas mengunakan uji Fisher. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen selanjutnya dianalisis dengan uji-t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh harga thitung 2,613. Harga ttabel pada taraf signifikan α=0,05 dan df 67 adalah 1,996. Oleh karena harga thitung lebih besar dari ttabel (2,613 >1,996), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian metode SAVI(Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V tentang Ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudina, M.Pd., ; 2). Dr, Arifin Maksum, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2021 04:38
Last Modified: 29 Jun 2021 04:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16369

Actions (login required)

View Item View Item