IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN JENJANG SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI 4 JAKARTA (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif)

PUTRI NUR ASIATI, . (2019) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN JENJANG SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI 4 JAKARTA (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (99kB)
[img] Text
2. ABSTRAK&ABSTRACT.pdf

Download (153kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (649kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (530kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data dan informasi yang mendalam mengenai Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Hambatan Intelektual Ringan Jenjang Sekolah Dasar Di SLB Negeri 4 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripstif. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan kemudian dianalisis tiap-tiap metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan diawali dengan kepala merubah visi dan misi dan pembuatan program yang dikembangkan bersama guru dan staf sekolah pada rapat kerja. Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter dilakukan melalui tiga strategi implementasi yaitu pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Evaluasi dilakukan pada kegiatan pembelajaran sehari-hari berupa catatan harian dalam bimbingan konseling, daftar hadir, dan penilaian dalam RPP dalam kolom spritual dan sikap dan dirangkum pada laporan perkembangan karakter dalam rapot. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengintegrasian pendidikan karakter di sekolah akan berhasil jika warga sekolah konsisten dalam menerapkannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Nuraini M.Sp, Ed ; 2). Dra. Irah Kasirah M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2021 06:33
Last Modified: 29 Jun 2021 06:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16377

Actions (login required)

View Item View Item