NURUL APRILIYANI, . (2019) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS V (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Wanaherang 05 Gunung Putri). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (92kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (342kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (292kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (135kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
|
Text
11. a. BAB I.pdf Download (252kB) |
|
Text
11. b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
|
Text
11. c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
Text
11. d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11. e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model Cooperative Learning tipe Index Card Match pada peserta didik kelas V SDN Wanaherang 05 Gunung Putri. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2018 di SDN Wanaherang 05 Gunung Putri dengan subjek penelitian peserta didik kelas V-B yang berjumlah 26 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Standar pemahaman konsep yang ditetapkan untuk mata pelajaran IPS adalah 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Index Card Match dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS peserta didik kelas V-B SDN Wanaherang 05 Gunung Putri karena peserta didik sangat antusias untuk mencari informasi tentang materi interaksi sosial melalui Model Cooperative Learning tipe Index Card Match. Peningkatan pemahaman konsep tersebut ditunjukkan dengan peningkatan persentase peserta didik yang mencapai standar pemahaman konsep IPS pada setiap siklusnya. Pemahaman konsep pada siklus I peserta didik yang mencapai standar pemahaman konsep IPS sebanyak 17 orang atau 65,38%. Kemudian, pada siklus II peserta didik yang mencapai standar pemahaman konsep IPS sebanyak 22 orang atau 84,61%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Model Cooperative Learning tipe Index Card Match dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd ; 2). Drs. Adi Putra, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 05:23 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 05:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16396 |
Actions (login required)
View Item |