PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA PELAJARAN PPKn KELAS III SDN UTAN KAYU SELATAN 23 PAGI

NURIN SABRINA LUBIS, . (2019) PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA PELAJARAN PPKn KELAS III SDN UTAN KAYU SELATAN 23 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 - Cover SKRIPSI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
02 - Abstrak Indonesia dan Abstrak Inggris.pdf

Download (37kB)
[img] Text
03- LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
04 - Lembar Keaslian Skripsi.pdf

Download (276kB)
[img] Text
06 - Kata Pengantar.pdf

Download (84kB)
[img] Text
07 - Daftar Isi.pdf

Download (128kB)
[img] Text
11- BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
11 - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
11 - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
11 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
12 - DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (59kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi melalui model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada pelajaran PPKn peserta didik kelas III SDN Utan Kayu Selatan 23 Pagi. Penelitian dilakukan di SDN Utan Kayu Selatan 23 Pagi dengan subjek penelitian peserta didik kelas III yang berjumlah 24 peserta didik semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sikap toleransi yang berjumlah 20 butir. dan instrumen pemantauan tindakan aktivitas guru dan peserta didik, catatan lapangan, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian pada siklus I, persentase hasil skor sikap toleransi mencapai 46%. Hasil tersebut dinyatakan belum mencapai target yaitu 70%, penelitian dilanjutkan ke siklus II, dengan persentase hasil skor sikap toleransi mencapai 83%. Hasil tersebut sudah melampaui target, dan penelitian dihentikan. Persentase pemantau tindakan guru dan peserta didik pada siklus I sebesar 66,67%, pada siklus II meningkat menjadi 91,67% melebihi target yaitu 80%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatan sikap toleransi pada pelajaran PPKn peserta didik kelas III SDN Utan kayu Selatan 23 Pagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Arifin Maksum, M.Pd ; 2). Dra. Endang M. Kurnianti, M.Ed
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 02 Jul 2021 04:16
Last Modified: 02 Jul 2021 04:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16406

Actions (login required)

View Item View Item