PENGARUH METODE POINT-COUNTERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MUATAN PPKN (Studi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Kelurahan Manggarai Jakarta Selatan)

MAFISAH NOVRYLIYANI, . (2019) PENGARUH METODE POINT-COUNTERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MUATAN PPKN (Studi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Kelurahan Manggarai Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2. ABSTRAK _ ABSTRACT.pdf

Download (140kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (389kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (329kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (134kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
11 (a) BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
11 (b) BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
11 (c) BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
11 (d) BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
11 (e) BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakkan “metode point-counterpoint” dan “metode debat aktif”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode penelitian eksperimen, desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakkan teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Dari teknik yang digunakan maka terpilih SD Negeri Manggarai 01 Pagi sebagai sampel dan kelas VB sebagai kelas eksperimen serta kelas VA sebagai kelas kontrol. Kelas VB terdapat 23 siswa, sedangkan kelas VA terdapat 24 siswa. Peneliti mengurangi siswa dengan nomor urut terakhir di dalam kelas kontrol agar jumlah dari kelas kontrol dan eksperimen sebanding. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket berdasarkan hasil yang di dapatkan dari pretest dan posttest. Sebelum dilakukan treatment terlebih dahulu instrumen dilakukan uji coba pada sekolah yang bukan sampel dengan jumlah responden 55 orang. Setelah itu dilakukan pretest pada kelas ekperimen dan kontrol, selanjutnya diberikan treatment yang berbeda pada kedua kelas tersebut dan tahap akhir adalah pemberian posttest. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu digunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan kedua kelas tersebut memiliki data yang normal dan homogen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dengan hasil penerimaan H1. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa metode point-counterpoint berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD yaitu dengan meningkatnya skor rata-rata sebesar 34,4% dari 56,22 menjadi 75,52. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD dalam muatan PPKn.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 08 Jul 2021 05:08
Last Modified: 08 Jul 2021 05:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16482

Actions (login required)

View Item View Item