PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA SISWA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Ulujami O6 Pagi Jakarta Selatan)

LAILA QODRIYAH, . (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA SISWA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Ulujami O6 Pagi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (228kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRAC.pdf

Download (185kB)
[img] Text
3.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (510kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (280kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (280kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
11. a SKRIPSI BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
11. b SKRIPSI BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
11. c SKRIPSI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
11. d SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11. e SKRIPSI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
12. SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada peserta didik kelas IV. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Ulujami 06 Pagi Jakarta Selatan. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik IV A yang berjumlah 30 orang peserta didik. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Data hasil belajar muatan IPS pada siklus I ranah kognitif mencapai 50%, Afektif 43% dan psikomotorik 47%, kemdian pada siklus II mengalami peningkatan dan telah memenuhi kriteria ketercapaian yang ditetapkan dengan hasil belajar kognitif mencapai 93%, afektif 90%, dan psikomotorik mencapai 97%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas kelas IV A SDN Ulujami 06 Pagi Jakarta Selatan sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd. ; 2). Dra. Iva Sarifah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2021 03:34
Last Modified: 09 Jul 2021 03:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16494

Actions (login required)

View Item View Item