MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGEMBANGAN DIRI PADA ANAK AUTIS SLB KELAS III MELALUI PENGGUNAAN METODE SIMULASI (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas III di SLB Kembar Karya Pembangunan II Jakarta Timur)

KHASANAH RIZKI NOVADIANI, . (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGEMBANGAN DIRI PADA ANAK AUTIS SLB KELAS III MELALUI PENGGUNAAN METODE SIMULASI (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas III di SLB Kembar Karya Pembangunan II Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (88kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (88kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (433kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (144kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar makan pada siswa autis di SLB Kembar Karya Pembangunan II dan dilaksanakan pada bulan November sampai dengan Desember 2018. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3 SLB Kembar Karya Pembangunan II yang berjumlah 3 siswa. Fokus penelitian adalah peningkatan kemampuan makan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang di setiap siklusnya menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa lembar instrument langkah�langkah makan yang baik dan benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar pengembangan diri makan untuk anak autis kelas 3 SD. Presentase kemampuan pengembangan diri makan pada anak autis siklus I, yaitu EFL; 70%, PTR 70%, dan ZDN 60%. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase perolehan skor kemampuan makan pada siswa autis yaitu EFL 100%, PTR 90% dan ZDN 70%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa metode simulasi dapat meningkatkan kemampuan makan pada siswa autis kelas 3 di SLB Kembar Karya Pembangunan II.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Ibrahim Abidin, M. Pd ; 2). Indra Jaya, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 09 Jul 2021 05:00
Last Modified: 09 Jul 2021 05:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16498

Actions (login required)

View Item View Item