KHASANAH RIZKI NOVADIANI, . (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGEMBANGAN DIRI PADA ANAK AUTIS SLB KELAS III MELALUI PENGGUNAAN METODE SIMULASI (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas III di SLB Kembar Karya Pembangunan II Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (88kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (88kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (433kB) |
|
Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (419kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (144kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (158kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar makan pada siswa autis di SLB Kembar Karya Pembangunan II dan dilaksanakan pada bulan November sampai dengan Desember 2018. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3 SLB Kembar Karya Pembangunan II yang berjumlah 3 siswa. Fokus penelitian adalah peningkatan kemampuan makan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang di setiap siklusnya menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa lembar instrument langkah�langkah makan yang baik dan benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar pengembangan diri makan untuk anak autis kelas 3 SD. Presentase kemampuan pengembangan diri makan pada anak autis siklus I, yaitu EFL; 70%, PTR 70%, dan ZDN 60%. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase perolehan skor kemampuan makan pada siswa autis yaitu EFL 100%, PTR 90% dan ZDN 70%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa metode simulasi dapat meningkatkan kemampuan makan pada siswa autis kelas 3 di SLB Kembar Karya Pembangunan II.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Ibrahim Abidin, M. Pd ; 2). Indra Jaya, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 09 Jul 2021 05:00 |
Last Modified: | 09 Jul 2021 05:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16498 |
Actions (login required)
View Item |