SYIFA FAUZIAH, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (PTK di Kelas V SDN Babelan Kota 01 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
abstrac.pdf Download (87kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (41kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (117kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (118kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (713kB) |
|
Text
bab V.pdf Download (48kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (15kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (114kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (94kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (149kB) |
|
Text
PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf Download (88kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (143kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division di Kelas V SDN Babelan Kota 01 Kabupaten Bekasi dengan materi Gaya. Penggunaan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division dalam penelitian tindakan kelas ini adalah mampu meningkatkan keberhasilan dalam belajar dan bisa melatih siswa untuk memiliki keterampilan berpikr maupun keterampilan sosialnya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2013 di SDN Babelan Kota 01, Babelan Bekasi, khususnya di kelas V yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action Research) dengan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan melalui tahap perencanaan, tidakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun tehnik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan data proses dan data hasil. Data proses berupa hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Adapun untuk data hasil berupa skor/nilai tes hasil belajar siswa yang dikerjakan disetiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I siswa yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 17 siswa dengan persentase sebesar 56,67%. Ini belum mencapai dari target peneliti yaitu rata-rata kelas 75. Sedangkan untuk skor pengamatan terhadap proses pembelajaran pada pertemuan pertama mencapai 70,00 dan pada pertemuan kedua mencapai 80,00. Untuk itu dilakukan tindakan pada siklus II. Pada siklus II, hasil belajar IPA terjadi peningkatan sebanyak 25 siswa yang mendapat nilai ≥70 dengan persentase 83.33% dan skor pengamatan terhadap proses pembelajaran pada pertemuan pertama mencapai 85.00 dan pada pertemuan kedua mencapai 95,00. Data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar IPA
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd., ; 2). Dra. Marwati Mansyur, M. Pd., |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 12:13 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 12:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1655 |
Actions (login required)
View Item |