PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADARP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BIOLOGI

HANIFAH YONDA BESTARI, . (2019) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADARP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BIOLOGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
a. Bab 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
b. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
c. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
d. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
e. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (88kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (493kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (201kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (158kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Gerakan literasi sekolah adalah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat. Kemampuan membaca pemahaman biologi adalah kegiatan memahami teks bacaan dengan topik biologi. Kemampuan membaca pemahaman peserta didik rendah dari hasil survey PISA 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap kemampuan membaca pemahaman biologi. Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Bekasi, SMAN 6 Bekasi, dan SMAN 5 Bekasi. Jumlah sampel 183 orang dipilih secara simple random sampling. Penelitian dilaksanakan pada Desember 2018 s.d. Januari 2019. Metode yang digunakan kuantitatif dengan jenis expost facto. Hasil uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis dengan uji Anova untuk perbandingan kelompok GLS tahap berkelanjutan, GLS tahap awal, dan Non GLS memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara kelompok GLS tahap berkelanjutan, GLS tahap awal, dan Non GLS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Suryanda, S.Pd., M.Si ; 2). Drs. Refirman Dj, M.Biomed
Subjects: Sains > Mikro Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 16 Jul 2021 08:48
Last Modified: 16 Jul 2021 08:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16577

Actions (login required)

View Item View Item