UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI KEGIATAN KOLASE (Penelitian Tindakan Kelas di RA Al-Hikmah, Jl kalibata Timur, Kalibata, Jakarta Selatan)

TRI HANDAYANI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI KEGIATAN KOLASE (Penelitian Tindakan Kelas di RA Al-Hikmah, Jl kalibata Timur, Kalibata, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (712kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (458kB)
[img] Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LEMBAR JUDUL.pdf

Download (26kB)
[img] Text
LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Al–Hikmah, Jakarta Selatan melalui kegiatan kolase. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam satu siklus dengan 8 kali pertemuan. Dalam penelitian ini, langkah-langkah yang dilakukan mengikuti prosedur penelitian yang dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun tindakan yang dilakukan adalah tindakan kolase dengan berebagai macam bahan. Subjek dalam penelitian ini adalah ialah anak kelompok A di RA Al–Hikmah yang kemampuan menulis permulaannya masih rendah dengan jumlah anak sebanyak 9 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi yang disajikan dalam catatan lapangan, wawancara yang disajikan dalam catatan wawancara dan dokumentasi yang disajikan dalam catatan dokumentasi serta menggunakan instrumen kemampuan menulis permulaan, lembar pengamatan tindakan. Teknik analisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif yang dilakukan dengan membandingkan prosentase sebelum dan setelah intervensi sedangkan analisis kualitatif dilakukan dengan kualitatif deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh presentase sebesar 48% pada pra intervensi. Setelah diberikan intervensi pada siklus I meningkat menjadi 69%. Adapun peningkatan sebelum dan sesudah diberikan intervensi sebesar 21%. Berdasarkan presentase skor yang didapatkan maka hipotesis tindakan diterima. Dari hasil yang ditunjukkan dapat dinyatakan bahwa kegiatan kolase dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun. Implikasi dari penelitian ini adalah kegiatan kolase dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan untuk mengembangkan kemampuan menulis permulaan serta dapat diterapkan dengan teknik dan bahan kolase yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurbiana Dhieni, M.Psi ; 2). Dr. Sri Martini Meilanie, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 14:04
Last Modified: 19 Nov 2019 14:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item