MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) PADA SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Pela Mampang 03 Pagi Jakarta Selatan)

HALAH SYAMILA, . (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) PADA SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Pela Mampang 03 Pagi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER HALAMAN DEPAN .pdf

Download (109kB)
[img] Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (37kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
04. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (67kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (83kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
12. a. BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
12. b. BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
12. c. BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
12. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) pada peserta didik kelas IV SD. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan diSDN Pela Mampang 03 Pagi Jakarta Selatan. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 30 peserta didik dengan 14 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan alokasi waktu setiap pertemuan 2x35 menit. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar muatan IPS melalui model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK). Hasil belajar muatan IPS pada siklus I ranah konigtif mencapai 60%, ranah afektif mencapai 57% dan ranah psikomotorik mencapai 50%, dan pada siklus II konigtif mencapai 87%, ranah afektif mencapai 83% dan ranah psikomotorik mencapai 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat melalui model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, ME, ; 2). Uswatun Hasanah, M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2021 09:53
Last Modified: 16 Jul 2021 09:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16581

Actions (login required)

View Item View Item