PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF PADA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN BAHAYA PENYALAHGUNAAN NAPZA SISWA KELAS VIII SMPN 13 BOGOR

GITA CORNELIA SINAGA, . (2019) PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF PADA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN BAHAYA PENYALAHGUNAAN NAPZA SISWA KELAS VIII SMPN 13 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
2. ABTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (219kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (199kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (164kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai bahaya penyalahgunaan NAPZA peserta didik kelas VIII B SMPN 13 Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pre test-post test design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling dari siswa kelas VIII B sejumlah 31 siswa dalam pengambilan sampel ini diperkuat dengan rekomendasi dari guru BK, adanya siswa yang pernah menyalahgunakan NAPZA dikelas tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan layanan bimbingan kelompok yang beranggotakan 7 peserta didik dari kelas VIII B yang memiliki pemahaman bahaya penyalahgunaan NAPZA paling rendah di kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberikan perlakuan nilai mean yang diperoleh sebesar 15,57 dengan kategori sedang, setelah diberikan perlakuan nilai mean meningkat menjadi 21,57 dengan kategori tinggi. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan bantuan SPSS 16.0 for windows yang menunjukkan bahwa Sig = 0.011 ˂ Signifikan α = 0.05, hal itu berarti HO ditolak. Dapat disimpulkan, pemahaman peserta didik tentang bahaya penyalahgunaan NAPZA dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan video interaktif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Michiko Mamesah, M.Psi ; 2). Dr. Dede Rahmat Hidayat
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 16 Jul 2021 10:31
Last Modified: 16 Jul 2021 10:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16585

Actions (login required)

View Item View Item