PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS V SLBN TANGGAMUS LAMPUNG (Single Subject Research di SLBN Tanggamus Lampung)

Esti Novela Hardiani, . (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS V SLBN TANGGAMUS LAMPUNG (Single Subject Research di SLBN Tanggamus Lampung). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
02 ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (96kB)
[img] Text
03 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (258kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (155kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
11 a BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
11 b BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
11 c BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
11 d BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
11 e BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media kantong bilangan terhadap kemampuan penjumlahan pada peserta didik Tunarungu di SLBN Tanggamus Lampung. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang siswa Tunarungu kelas V. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes berupa soal-soal penjumlahan dengan menggunakan persentase. Metode yang digunakan adalah Single Subject Research, dengan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan proses selama belajar penjumlahan serta pengambilan skor dari latihan soal-soal penjumlahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kantong bilangan dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan penjumlahan pada peserta didik Tunarungu yang diperoleh dari data pada saat intervensi dan baseline A2. Hasil ini menunjukkan bahwa media kantong bilangan dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan menjumlah dengan teknik menyimpan dan rasa tertarik peserta didik tunarungu pada proses pembelajaran penjumlahan. Oleh sebab itu, media kantong bilangan dapat digunakan sebagai salah satu media untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan peserta didik tunarungu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M, Pd ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2021 06:53
Last Modified: 26 Jul 2021 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16637

Actions (login required)

View Item View Item