PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG BILANGAN CACAH MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA TABLE SHAPE PADA PESERTA DIDIK KELAS II DI SDN KENARI 08 JAKARTA PUSAT

ERLITA DWI ANINDYAWURI, . (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG BILANGAN CACAH MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA TABLE SHAPE PADA PESERTA DIDIK KELAS II DI SDN KENARI 08 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. ABSTRAK&ABSTRACT.pdf

Download (196kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (552kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
11. a. BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
11. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
11. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
11. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung bilangan cacah peserta didik kelas II SDN Kenari 08 Jakarta Pusat melalui penggunaan alat peraga table shape. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kenari 08 Jakarta Pusat pada semester I tahun ajaran 2018-2019 dengan jumlah peserta didik kelas IIB sebanyak 31 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Hasil penelitian keterampilan berhitung bilangan cacah yang diperoleh peserta didik pada siklus I mencapai 64,5% atau 20 peserta didik memperoleh nilai berhitung ≥67 dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 83,8% atau 26 peserta didik yang memperoleh nilai berhitung ≥67. Adapun persentase data pemantau tindakan guru pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 75%, pertemuan ke-2 sebesar 86,1% dan pertemuan ke-3 sebesar 91,6%, Adapun persentase data pemantau tindakan guru pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 75%, pertemuan ke-2 sebesar 86,1% dan pertemuan ke-3 sebesar 91,6%. Pada siklus II meningkat menjadi pertemuan ke-1 sebesar 83,3%, pertemuan ke-2 sebesar 86,1% dan pertemuan ke-3 sebesar 91,6%. Sementara persentase data pemantau tindakan peserta didik pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 88,6%, pertemuan ke-2 sebesar 93,1% dan pertemuan ke-3 sebesar 95,4%. Pada siklus II pertemuan ke-1 meningkat menjadi 93,1%, pertemuan ke-2 sebesar 95,4,1% dan pertemuan ke-3 sebesar 95,4%. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga table shape saat pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berhitung bilangan cacah peserta didik di kelas IIB SDN Kenari 08 Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd., ; 2). Nidya Chandra M.U, S.Pd., M.Si.,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:35
Last Modified: 26 Jul 2021 07:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16640

Actions (login required)

View Item View Item