EKA FAUZIYAH, . (2019) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN DENGAN BAHAN ALAM (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A TK PUTRA III, Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (18kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (138kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf Download (239kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS (SCAN).pdf Download (307kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (89kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (122kB) |
|
Text
11. A. BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text
11. B. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
Text
11. C. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
|
Text
11. D. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
11. E. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis awal anak usia 4-5 tahun di TK PUTRA III melalui kegiatan bermain dengan bahan alam. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK PUTRA III sebanyak 16 anak. Analisis data kualitatif dilakukan dengan menggunakan catatan lapangan, catatan wawancara, dan data dokumentasi. Analisis data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pendapat E. Mills yang menyatakan bahwa hasil akhir dari ketercapaian tindakan sebesar 71%. Analisis pada siklus pertama terhadap keterampilan menulis awal anak Kelompok A meningkat menjadi 68,90%. Prosentase keterampilan menulis awal anak mengalami peningkatan namun belum mencapai 71%. Dengan demikian, penelitian dilanjutkan pada siklus kedua. Analisis prosentase data pada akhir siklus kedua meningkat menjadi 81,80%. Berdasarkan prosentase ketercapaian hasil dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima dan penelitian dihentikan. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain dengan menggunakan bahan alam dapat meningkatkan keterampilan menulis awal anak usia 4-5 tahun.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Azizah Muis, S.Pd, M.Pd ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 09:21 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 09:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16648 |
Actions (login required)
View Item |