PELAKSANAAN PERENCANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI SDN RAWASARI 05 PAGI JAKARTA PUSAT

Bunga Cantik Saleha, . (2019) PELAKSANAAN PERENCANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI SDN RAWASARI 05 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (264kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (850kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (106kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (485kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara deskriptif pelaksanaan perencanaan penilaian autentik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SDN Rawasari 05 Pagi. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas I dan III. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen, dan wawancara. Analisis dokumen dilakukan untuk melihat bagaimana guru melakukan perencanaan dalam penilaian autentik, wawancara dilakukan kepada guru untuk melihat bagaimana langkah�langkah guru dalam melaksanakan perencanaan, kemudian wawancara juga dilakukan kepada kepala sekolah untuk menunjang data penelitian yang lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan perencanaan penilaian autentik yang dilakukan oleh guru di SDN Rawasari 05 Pagi belum terlaksana dengan memperhatikan langkah-langkah penyusunan penilaian autentik yang benar. Pada tahap identifikasi pengetahuan, sikap dan keterampilan, kedua guru menelaah KD dan Indikator dari aspek keterampilan yang telah ditetapkan di awal pembelajaran namun tidak semua kompetensi ditelaah sehingga terdapat kompetensi yang tidak teridentifikasi untuk dinilai secara autentik. Lalu dalam menyusun tugas, kedua guru masih belum menggunakan kreativitasnya sepenuhnya karena masih sering merujuk dari internet serta kedua guru juga tidak mengetahui secara rinci mengenai hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan tugas autentik serta belum menyusun panduan pengerjaan tugas untuk siswa. Kemudian tahap yang terakhir yaitu penetapan kriteria keberhasilan kedua guru masih kesulitan dalam menentukan kriteria pencapaian beserta deskripsinya sehingga masih sering mencari rujukan di internet, lalu belum menyusun kriteria keberhasilan ke dalam instrumen penilaian yang terstruktur dan terpisah dari RPP serta belum menyusun pedoman penskoran pada rubrik penilaian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Mulyadi, M.Pd ; 2). Dra. Suprayekti, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 12 Aug 2021 05:25
Last Modified: 12 Aug 2021 05:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16744

Actions (login required)

View Item View Item