ANALISIS KESESUAIAN ISI MATERI BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA/SEDERAJAT KELAS XII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN EMPAT DIMENSI KOMPETENSI

MUTHIA LASHA, . (2021) ANALISIS KESESUAIAN ISI MATERI BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA/SEDERAJAT KELAS XII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN EMPAT DIMENSI KOMPETENSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Konten/isi materi merupakan aspek yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam suatu buku teks. Akan tetapi dalam realitas yang ada, terdapat permasalahan-permasalahan terkait konten materi dalam buku teks. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan dan kesesuaian dalam penyusunan buku teks siswa kurikulum 2013 berdasarkan empat dimensi kompetensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi, artinya peneliti melakukan analisis terhadap materi atau isi yang ada dalam data primer (buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/Sederajat kelas XII kurikulum 2013 edisi revisi 2018 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Pedoman dokumentasi yang digunakan berdasarkan dimensi spiritual, dimensi sosial, dimensi pengetahuan dan dimensi keterampilan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Analisis data dilakukan dengan memberi tanda check list pada lembar penskoran sesuai kriteria penilaian dan dilanjutkan dengan menghitung persentase skor dari setiap subkomponen yang dinilai. Hasil penelitian ini adalah bahwa kesesuaian isi materi buku teks siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/Sederajat kelas XII kurikulum 2013 edisi revisi 2018 terbitan Kemendikbud berdasarkan dimensi spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan termasuk dalam kriteria sangat baik. Akan tetapi, terdapat catatan penting yang perlu diperhatikan, yakni masih adanya kesalahan dan kekurangan dalam beberapa bab terkait keakuratan fakta/sumber Al-Qur’an/hadis, keakuratan konsep/definisi/penulisan, keakuratan fitur/contoh/ilustrasi, keakuratan soal, dan pemecahan masalah. Kata Kunci: Kesesuaian Isi, Buku Teks, Pendidikan Agama Islam ************ Material content is a very important aspect and should be noted in a textbook. However, in existing realities, there are content issues in the textbook. Hence, this study aims to know precision and agreement in the compiling of the curriculum 2013 student textbook based on four dimensions of competence. The study employs a qualitative approach with an analytical type of research. Data collection technique on this research is documentation method, meanwhile, the data analysis technique uses content analysis, which means that researcher analyzes the material or content contained in the primary data (Islamic Religious Education and Character Textbook SMA 12th Grade Curriculum 2013 Revision Edition 2018 Publisher of the Ministry of Education and Culture). The documentation guidelines used based on the spiritual dimension, social dimension, knowledge dimension and skill dimension as stipulated by the National Education Standards Board (BSNP). Data analysis is done by marking a check list on the scoring sheet according to the assessments criteria and by calculating the scoring percentages of each subcomponent being assessed. The result of this study is that the suitability of material content of student textbook of Islamic Religious Education and Character SMA 12th Grade Curriculum 2013 Revision Edition 2018 Publisher of the Ministry of Education and Culture based on spiritual, social, knowledge, and skill dimensions are included in excellent criteria. However, there is an important note to note that there are still errors and deficiencies in several chapters regarding the accuracy of fact/source of the Qur'an/hadith, the accuracy of concepts/definitions/writing, the accuracy of features/examples/illustrations, the accuracy of questions, and the problem solving. Keywords: Content Suitability, Textbook, Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc., M.A. ; 2). Mushlihin, S.Pd.I., M.A.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10868 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 07:28
Last Modified: 19 Aug 2021 07:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16851

Actions (login required)

View Item View Item