ANNISA AYU NUGRAHINI, . (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA MELALUI KEGIATAN MENCERITAKAN GAMBAR SENDIRI USIA 4-6 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di TK Labschool Duren Sawit Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN PERTAMA.pdf Download (57kB) |
|
Text
2. ABSTARK & ABSTRACT.pdf Download (262kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (345kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINILITA.pdf Download (312kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (351kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) |
|
Text
13. BAB I.pdf Download (332kB) |
|
Text
14. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan bercerita menggunakan gambar anak usia 4-6 tahun di TK Labschool Duren Sawit, Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018 sampai januari 2019. Metode yang akan digunakan penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan melalui dua siklus penelitian. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah 11 orang anak di TK Labschool Duren Sawit yang dalam kemampuan berbicaranya belum tercapai sesuai dengan usianya. Analisis data diperoleh dari hasil pencapaian peningkatak kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan. Data Pra Intervensi kemampuan bicara anak melalui kegiatan bercerita menggunakan gambar sebesar 53.37% diakhir siklus I kemampuan bicara anak melalui kegiatan bercerita menggunakan gambar sendiri meningkat menjadi 68.00%, dan di akhir siklus II kemampuan bicara anak meningkat menjadi 84.20%. data tersebut membuat hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa kegiatan bercerita menggunakan gambar sendiri dapat meningkatkan kemampuan bicara anak di TK Labschool Duren Sawit Jakarta Timur dengan demikian dapat diterima. Implikasi dalam penelitian ini diketahui bahwa penggunaan gambar anak dapat diterapkan oleh guru dan orang tua sebagai alternative dalam meningkatkan kemampuan bicara anak
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi ; 2). Eriva Syamsiatin, S.Pd, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 06:15 |
Last Modified: | 19 Aug 2021 06:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16855 |
Actions (login required)
View Item |