UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA MELALUI KEGIATAN MENCERITAKAN GAMBAR SENDIRI USIA 4-6 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di TK Labschool Duren Sawit Jakarta Timur)

ANNISA AYU NUGRAHINI, . (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA MELALUI KEGIATAN MENCERITAKAN GAMBAR SENDIRI USIA 4-6 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di TK Labschool Duren Sawit Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN PERTAMA.pdf

Download (57kB)
[img] Text
2. ABSTARK & ABSTRACT.pdf

Download (262kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINILITA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (351kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan bercerita menggunakan gambar anak usia 4-6 tahun di TK Labschool Duren Sawit, Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018 sampai januari 2019. Metode yang akan digunakan penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan melalui dua siklus penelitian. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah 11 orang anak di TK Labschool Duren Sawit yang dalam kemampuan berbicaranya belum tercapai sesuai dengan usianya. Analisis data diperoleh dari hasil pencapaian peningkatak kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan. Data Pra Intervensi kemampuan bicara anak melalui kegiatan bercerita menggunakan gambar sebesar 53.37% diakhir siklus I kemampuan bicara anak melalui kegiatan bercerita menggunakan gambar sendiri meningkat menjadi 68.00%, dan di akhir siklus II kemampuan bicara anak meningkat menjadi 84.20%. data tersebut membuat hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa kegiatan bercerita menggunakan gambar sendiri dapat meningkatkan kemampuan bicara anak di TK Labschool Duren Sawit Jakarta Timur dengan demikian dapat diterima. Implikasi dalam penelitian ini diketahui bahwa penggunaan gambar anak dapat diterapkan oleh guru dan orang tua sebagai alternative dalam meningkatkan kemampuan bicara anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi ; 2). Eriva Syamsiatin, S.Pd, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 19 Aug 2021 06:15
Last Modified: 19 Aug 2021 06:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16855

Actions (login required)

View Item View Item