PENGEMBANGAN MEDIA PONTUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PENJUMLAHAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Karya Inovatif di wilayah kelurahan serdang Jakarta Pusat)

ANJANI YULIANA, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PONTUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PENJUMLAHAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Karya Inovatif di wilayah kelurahan serdang Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.cover.pdf

Download (72kB)
[img] Text
2.abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text
3.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4.PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6.KATA PENGANTAR.pdf

Download (12kB)
[img] Text
7.DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
11.a.BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
11.b.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
11.c.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
11.d.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
11.d.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)

Abstract

Penelitian karya inovatif ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pontung untuk meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan anak usia 5-6 tahun. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE ini memiliki lima tahapan. Penilaian pada pengembangan ini menggunakan skala 1 – 4. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan penilaian ahli media dengan nilai 3.3, rata�rata keseluruhan penilaian ahli materi dengan nilai 3.7, sehingga memperoleh hasil rata-rata keseluruhan penilaian para ahli dengan nilai 3.5 yang berarti masuk ke dalam skala 4 yaitu sangat sesuai. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengembangkan media pontung dapat meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan anak usia 5-6 tahun. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pengembangan media pontung dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan anak usia 5 – 6 tahun tetapi disesuaikan dengan materi, fasilitas, kesiapan guru dan anak. Pengembangan media pontung ini memberikan masukkan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang ingin mengembangkan sebuah media permainan khususnya media pontung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd ; 2). Dra. Yenina Akmal. M.Hum
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 19 Aug 2021 06:37
Last Modified: 19 Aug 2021 06:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16857

Actions (login required)

View Item View Item