PERSEPSI GURU PAI TENTANG LITERASI DIGITAL

ASTUTI LESTARI, . (2021) PERSEPSI GURU PAI TENTANG LITERASI DIGITAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis persepsi guru PAI tentang literasi digital, yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemahaman guru PAI tentang literasi digital, mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan literasi digital dalam pembelajaran PAI, serta untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan literasi digital di abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode survei. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Teori utama yang digunakan sebagai alat analisis dalam penelitian ini adalah teori dari Kemendikbud, bahwasannya literasi digital sebagai kemampuan untuk memahami, menganalisa, mengorganisasi, dan mengevaluasi bermacam informasi melalui perangkat digital dengan sehat, cerdas dan bijaksana. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa persepsi guru PAI dari tiga sekolah tentang literasi digital yaitu kelima responden belum memiliki pemahaman yang baik tentang literasi digital, yakni kelima responden sekedar memahami literasi digital sebagai yang berhubungan dengan penggunaan internet. Persepsi tersebut dipengaruhi oleh faktor Kondisi, waktu dan pengalaman. Dan kelima responden belum melakukan pengembangan literasi digital dalam pembelajaran PAI, dimana pembelajaran PAI oleh kelima responden berlangsung dominan menggunakan metode ceramah saja. Kata Kunci: Persepsi, Guru PAI, Literasi Digital The purpose of this study is to describe and analyze the perceptions of Islamic Education teachers about digital literacy, namely to describe and analyze PAI teachers' understanding of digital literacy, describe and analyze the development of digital literacy in Islamic Education learning, and to describe and analyze the use of digital literacy in the 21st century. This research is a qualitative study using a descriptive qualitative approach and using a survey method. In collecting data using interview techniques and documentation study. The main theory used as an analytical tool in this research is the theory from the Ministry of Education and Culture, that digital literacy is the ability to understand, analyze, organize, and evaluate various information through digital devices in a healthy, smart and wise manner. From the results of the study, it was concluded that the perception of PAI teachers from three schools about digital literacy, namely the five respondents did not have a good understanding of digital literacy, namely the five respondents only understood digital literacy as related to internet use. These perceptions are influenced by conditions, time and experience factors. And the five respondents have not developed digital literacy in PAI learning, where PAI learning by the five respondents takes place predominantly using the lecture method. Keywords: Perception, Islamic Education Teacher, Digital Literacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Andy Hadiyanto, S.Pd., MA 2). Dr. Muhamad Ridwan Effendi, M., Ud
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10874 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 02:38
Last Modified: 25 Jul 2022 03:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16988

Actions (login required)

View Item View Item