PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME OF OCCUPATION BERBASIS DIRECT METHOD UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DI KELAS III SEKOLAH DASAR (Penelitian dan Pengembangan di SDN Guntur 01 Pagi Jakarta Selatan)

Anggi Sarah Romauli, . (2018) PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME OF OCCUPATION BERBASIS DIRECT METHOD UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DI KELAS III SEKOLAH DASAR (Penelitian dan Pengembangan di SDN Guntur 01 Pagi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Lembar Orisinilitas.pdf

Download (284kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (563kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Lampiran fi.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan media pembelajaran bahasa Inggris berupa permainan papan di kelas III SD sesuai dengan prinsip-prinsip metode langsung dengan tema occupation. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media board game of occupation telah melalui tahap uji ahli yang melibatkan ahli materi, ahli media, dan ahli desain instruksional dengan perolehan skor sebesar 86.25%, 100%, dan 93.75%. Media board game of occupation telah diujicobakan kepada siswa kelas III SDN Guntur 01 Pagi Jakarta Selatan sebagai responden. Skor yang diperoleh pada tahap one to one evaluation sebesar 85.71%, pada tahap small group evaluation sebesar 90.62%, dan pada tahap field test sebesar 92.72%. Hasil yang diperoleh media board game of occupation tergolong ke dalam kategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa board game of occupation telah sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangannya dan layak digunakan untuk siswa kelas III SD. Implikasi yang diperoleh pada penelitian dan pengembangan ini adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa untuk belajar kosa kata bahasa Inggris sehingga siswa lebih mudah memahami dan mengingat makna kosa kata tentang occupation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Herlina, M.Pd 2) Drs. Waluyo Hadi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Nov 2019 11:24
Last Modified: 20 Nov 2019 11:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1701

Actions (login required)

View Item View Item