ANISA AMATURRAHMAN, . (2018) Evaluasi Kepuasan Pengguna Akhir Sistem Informasi Manajemen Diklat Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (SEMANTIK BPPK) dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Pusat Pendidikan dan Pelatiahan (PUSDIKLAT) Bea dan Cukai. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (15kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (337kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (171kB) |
|
Text
11. A. BAB 1.pdf Download (212kB) |
|
Text
11. B. BAB 2.pdf Download (491kB) |
|
Text
11. C. BAB 3.pdf Download (410kB) |
|
Text
11. D. BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. E. BAB 5.pdf Download (159kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text
13. A. LAMPIRAN SKRIPSI BAGIAN 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
13. B, LAMPIRAN SKRIPSI BAGIAN 2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Salah satu tujuan dan sasaran PUSDIKLAT Bea dan Cukai adalah menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang kepabeanan dan cukai dengan tata kelola yang baik. Salah satu indikator penentunya adalah memiliki sistem informasi manajemen kediklatan yang baik. Dalam penyelenggaraan kediklatan, PUSDIKLAT Bea dan Cukai telah secara aktif menggunakan sistem informasi manajemen kediklatan (SEMANTIK) berbentuk aplikasi berbasis web selama kurun waktu tiga tahun terakhir. Namun selama sistem informasi berjalan belum pernah diadakan survey mengenai kepuasan penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan penggunaan sistem informasi manajemen diklat SEMANTIK BPPK dengan pendekatan model evaluasi End User Computing Satisfaction yang terdiri atas dimensi Content, Accuracy, Format, Ease Of Use, dan Timeliness. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan desain pengambilan data conccurent triangulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara dimensi End User Computing Satisfaction dengan kepuasan pengguna yaitu sebesar 0,763 dengan persentase frekuensi kepuasan sebanyak 53 (55,21%) responden menyatakan puas dengan SEMANTIK BPPK dan sebanyak 43 (44,79%) responden menyatakan tidak puas dengan SEMANTIK BPPK. Terdapat hubungan yang positif antara masing – masing variabel independen (Content, Accuracy, Format, Ease Of Use, dan Timeliness) dengan variabel dependen (kepuasan pengguna) yaitu Content sebesar 0,563, Accuracy sebesar 0,541, Format sebesar 0,622, Ease Of Use sebesar 0,443 dan Timeliness sebesar 0, 643.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Wahyu Sri Ambar Arum, MA 2) Dr. Eliana Sari, MM |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 11:28 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 11:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1704 |
Actions (login required)
View Item |