PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

JANNY ANGEL FITRIA, . (2021) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Janny Angel Fitria. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta. 2021. Dosen Pembimbing: Maya Oktaviani, S. Pd., M.Pd. dan Elmanora, S.Si., M.Si. ABSTRAK* Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan belajar mahasiswa di rumah terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantatif asosiatif yang dilakukan pada mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Sampel pada penelitian ini merupakan 152 mahasiswa yang memiliki rentang usia 21-23 tahun. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara online. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan uji regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa, lingkungan belajar mahasiswa termasuk ke dalam kategori tinggi dan motivasi belajar mahasiswa termasuk ke dalam kategori tinggi. Lingkungan belajar berpengaruh signifikan positif terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hasil ini mengindikasikan bahwa lingkungan belajar yang baik dapat mendorong peningkatan motivasi belajar mahasiswa. Dengan demikian, perbaikan lingkungan belajar baik itu lingkungan fisik meliputi suasana belajar, sarana, dan prasarana yang digunakan mahasiswa ketika melakukan proses pembelajaran dan lingkungan secara sosial meliputi hubungan yang dijalin dengan orang-orang di sekitarnya serta dukungan yang didapatkan untuk melakukan proses pembelajaran penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar yang semakin tinggi diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar pada mahasiswa Kata Kunci: Lingkungan belajar, Motivasi belajar, Mahasiswa, Proses pembelajaran. Janny Angel Fitria. The Effect of Learning Environment on Student's Learning Motivation. Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta. 2021. Supervisor: Maya Oktaviani, S.Pd., M.Pd. and Elmanora, S.Si., M.Sc. ABSTRACT* This study aims to analyze the effect of the learning environment at home on students' learning motivation. This research is an associative quantitative research conducted on students. The population in this study were students at Universitas Negeri Jakarta. The sample in this study was 152 students who had an age range of 21-23 years. The sample was selected by purposive sampling technique. The data collection process was carried out by distributing online questionnaires. The data that has been collected were analyzed using descriptive statistics and simple linear regression test with the help of SPSS for Windows program.The results showed that there was an influence of the learning environment on students' learning motivation, the student's learning environment was included in the high category and students' learning motivation was included in the high category. The learning environment has a significant positive effect on student learning motivation. These results indicate that a good learning environment can encourage increased student motivation. Thus, the improvement of the learning environment, both the physical environment includes the learning atmosphere, facilities, and infrastructure used by students when carrying out the learning process and the social environment includes the relationships established with the people around them and the support obtained to carry out the learning process is important to do. as an effort to increase learning motivation. Higher learning motivation is expected to improve student achievement Keywords: learning environment, learning motivation, students, learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Maya Oktaviani, S. Pd., M.Pd. 2) Elmanora, S.Si., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 11041 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 08:12
Last Modified: 24 Aug 2021 08:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17159

Actions (login required)

View Item View Item