PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BERBASIS TEACHING FACTORY DI SMK

RISKI GUSTIAR, . (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BERBASIS TEACHING FACTORY DI SMK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Sejarah Indonesia berbasis Teaching Factory di SMKN 28 Jakarta. Teaching Factory merupakan kurikulum pembelajaran untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan, di mana dalam hal ini peserta didik melakukan pembelajaran di sekolah dengan kondisi seperti belajar di dunia industry. Tentu dalam hal ini modul pembelajaran yang digunakan berbeda dengan modul konvensional. Selain itu, dalam jenjang Sekolah Menengah Kejuruan, terdapat materi Sumpah Pemuda dalam mata pelajaran Sejarah Indonesia yang tercantum dalam KD 3.6, namun materi yang tersedia dalam buku paket pegangan peserta didik dan guru tidaklah banyak. Oleh karena itu peneliti mengembangkan modul materi Sumpah Pemuda berbasis Teaching Factory. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan teori Dick and Carey. Populasi terdiri dari siswa kelas X PH1 SMKN 28 Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) materi Sumpah Pemuda dalam pelajaran Sejarah Indonesia untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan tidak diajarkan dengan detail, dikarenakan buku paket yang digunakan oleh guru dan peserta didik tidak mencantumkan materi tersebut, (2) permasalahan tidak adanya materi Sumpah Pemuda diatasi oleh guru dengan cara menampilkan video youtube yang bisa ditonton oleh peserta didik, (3) hasil belajar peserta didik SMKN 28 Jakarta memiliki perbedaan, di mana skor post-test mereka lebih tinggi dibandingkan nilai pre-test setelah mereka menggunakan modul yang dikembangkan. Sehingga dapat disimpulkan, ada pengaruh penggunaan modul pembelajaran Sejarah Indonesia berbasis Teaching Factory. This study aims to develop a learning module for Indonesian History based on the Teaching Factory at SMKN 28 Jakarta. Teaching Factory is a learning curriculum for the Vocational High School level, where in this case students learn in school with conditions like learning in the industrial world. Of course, in this case the learning module used is different from conventional modules. In addition, at the Vocational High School level, there is Sumpah Pemuda material in the Indonesian History subject which is listed in KD 3.6, but the material available in student and teacher handbooks is not much. Therefore, researchers developed a Teaching Factory-based Sumpah Pemuda material module. This type of research is R&D (Research and Development) using the Dick and Carey theory. The population consisted of class X PH1 SMKN 28 Jakarta. The results of this study indicate that: (1) the material of Sumpah Pemuda in Indonesian History lessons for the Vocational High School level is not taught in detail, because the textbooks used by teachers and students do not include this material, (2) the problem is that there is no Youth Oath material overcome by the teacher by displaying a YouTube video that can be watched by students, (3) the learning outcomes of students at SMKN 28 Jakarta have differences, where their post-test scores are higher than the pre-test scores after they use the developed module. So that it can be concluded, there is an effect of using the Indonesian History learning module based on the Teaching Factory.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Kurniawati, M.Si ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 11439 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 05:04
Last Modified: 25 Aug 2021 05:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17218

Actions (login required)

View Item View Item