ANALISIS KEARIFAN LOKAL DAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM SOKOLA RIMBA

BUNGA APRILIANI, . (2021) ANALISIS KEARIFAN LOKAL DAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM SOKOLA RIMBA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy

Abstract

Bunga Apriliani, Analisis Kearifan Lokal dan Pendidikan Karakter Dalam Film Sokola Rimba. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk memahami muatan kearifan lokal dan pendidikan karakter dalam film sokola rimba serta pemanfaatan film tersebut sebagai media penanaman karakter dan media pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer penelitian ini adalah film sokola rimba, sedangkan sumber data sekunder yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, jurnal, dokumen, data, buku, dan referensi lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi kepustakaan, dokumentasi, observasi, dan wawancara yang dilakukan pada bulan Februari hingga bulan Juni 2021. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis konten. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data, keajegan pengamatan, dan expert opinion. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat muatan kearifan lokal dan pendidikan karakter dalam film sokola rimba. Nilai kearifan lokal dalam film sokola rimba meliputi dimensi: (1) pengetahuan lokal, (2) nilai lokal, (3) keterampilan lokal (4) sumber daya lokal (5) mekanisme pengambilan keputusan lokal, (6) solidaritas kelompok lokal. Muatan pendidikan karakter yang terdapat dalam film sokola rimba meliputi (1) nilai religius, (2) nilai nasionalis, (3) nilai mandiri, (4) nilai gotong royong, (5) nilai integritas. Muatan kearifan lokal dan pendidikan karakter yang ditunjukkan melalui penokohan, dialog antar tokoh, ataupun deskripsi cerita dari perjuangan Ibu Guru Butet dan Masyarakat Suku Anak Dalam. Pemanfaatan film sokola rimba sebagai media penanaman karakter dan pembelajaran mengacu pada penggunaan media film ini yaitu film sokola rimba yang ditunjukkan melalui ditampilkan melalui penokohan, dialog antar tokoh, ataupun deskripsi cerita. Dalam penggunaannya media film menyebabkan dan memberikan jalan perkiraan dan pemahaman tentang hasil dari proses komunikasi massa. Efek yang diharapkan dari pemanfaatan film tersebut adanya perubahan kognitif, afektif, dan konatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah film ini mengandung muatan kearifan lokal yang meliputi dimensi pengetahuan lokal, nilai lokal, keterampilan lokal, sumber daya lokal, mekanisme pengambilan keputusan lokal, dan solidaritas kelompok lokal. Selain itu, film ini juga mengandung nilai pendidikan karakter meliputi nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas yang direpresentasikan melalui penokohan, dialog, dan deskripsi cerita. Film ini bisa dijadikan sebagai salah satu media untuk penanaman karakter dan media pembelajaran. Kata Kunci: Kearifan Lokal, Pendidikan Karakter, Film, Analisis Konten ABSTRACT Bunga Apriliani, Analysis of Local Wisdom and Character Education in the Film Sokola Rimba. Thesis. Jakarta: Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2021. This study aims to understand the content of local wisdom and character education in the film Sokola Rimba and the use of the film as a medium for character cultivation and learning media. This type of research uses a qualitative approach. The primary data source of this research is sokola rimba movie, while the secondary data sources used in this study are interviews, journals, documents, data, books, and other references related to the research. Data collection techniques used the method of literature study, documentation, observation, and interviews conducted from February to June 2021. The data analysis technique used is content analysis. The data validity technique uses data triangulation, constant observation, and expert opinion. The results show that there is a content of local wisdom and character education in the sokola rimba movie. The research findings show that there is a content of local wisdom and character education in sokola rimba movie. The value of local wisdom in the film Sokola jungle includes the dimensions: (1) local knowledge, (2) local values, (3) local skills (4) local resources (5) local decision-making mechanisms, (6) local group solidarity. The content of character education contained in the sokola rimba movie includes (1) religious values, (2) nationalist values, (3) independent values, (4) mutual cooperation values, (5) integrity values. The content of local wisdom and character education is shown through characterizations, dialogues between characters, or story descriptions of the struggles of Ibu Guru Butet and the Anak Dalam Tribe Community. The use of the sokola rimba movie as a medium for character cultivation and learning refers to the use of this film, namely the sokola rimba movie which is shown through characterizations, dialogue between characters, or story descriptions. In its use, film media causes and provides an estimate and understanding of the results of the mass communication process. The expected effects of using the film are cognitive, affective, and conative changes. The conclusion of this study is this film contains local wisdom which includes dimensions of local knowledge, local values, local skills, local resources, local decision-making mechanisms, and local group solidarity. In addition, this film also contains character education values including religious, nationalist, independent, mutual assistance, and integrity values which are represented through characterizations, dialogues, and story descriptions. This film can be used as a medium for character cultivation and learning media. Keywords: Local Wisdom, Character Education, Film, Content Analysis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Raharjo, S.Pd, M.Si 2.) Fauzi Abdillah, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 10742 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 01:56
Last Modified: 26 Aug 2021 01:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17248

Actions (login required)

View Item View Item