STRATEGI GURU PPKN UNTUK MEMPERKUAT KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING (STUDI KUALITATIF DI SMP NEGERI 7 JAKARTA)

NOVERIA DHIAN PERTIWI, . (2021) STRATEGI GURU PPKN UNTUK MEMPERKUAT KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING (STUDI KUALITATIF DI SMP NEGERI 7 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Noveria Dhian Pertiwi, Strategi Guru PPKn Untuk Memperkuat Karakter Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Daring (Studi Kualitatif di SMP Negeri 7 Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2021. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru-guru PPKn untuk memperkuat karakter tanggung jawab siswa dan reaksi siswa dalam menyikapi strategi-strategi tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Wawancara dilakukan di SMP Negeri 7 Jakarta pada tanggal 16 Juni 2021. Sementara kuesioner yang disebar secara daring dibuka pada tanggal 4-8 Juni 2021. Untuk mengetahui keabsahan data, penelitian ini menggunakan bahan referensi dan triangulasi. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah strategi guru-guru PPKn untuk memperkuat karakter tanggung jawab siswa di SMP Negeri 7 Jakarta, yaitu: (1) Membuat kesepakatan bersama siswa; (2) Tetap menerapkan budaya sekolah; (3) Memberikan link daftar hadir yang harus diisi tepat waktu; (4) Memberikan penugasan dan penilaian; (5) Sesekali mengadakan pembelajaran melalui aplikasi Zoom Meeting; (6) Menjalin kerja sama dan komunikasi dengan wali kelas, guru BK, dan orangtua siswa. Sementara, karakter tanggung jawab siswa dalam pembelajaran daring cenderung stabil, meskipun mengalami penurunan dalam beberapa aspek pada beberapa siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada 6 strategi yang dilakukan oleh guru-guru PPKn untuk memperkuat karakter tanggung jawab siswa di SMP Negeri 7 Jakarta. Namun, strategi-strategi tersebut kurang efektif, karena tidak ada peningkatan yang signifikan pada karakter tanggung jawab siswa. Noveria Dhian Pertiwi, PPKn Teachers’ Strategy for Consolidating The Students’ Responsibility in E-Learning Process (Qualitative Study in SMP Negeri 7 Jakarta). Thesis. Jakarta: Pancasila and Civics Education, Faculty of Social Science, State University of Jakarta, July 2021. This research aimed to get to know about the strategy that have done by the PPKn teachers for consolidating the responsibility of the students and how the students react to the strategies. This research is a kind of qualitative descriptive. The data collecting techniques are by interviews and questionnaire. The interviews was held on June 16th 2021. Meanwhile the questionnaire was spread by online method which was available to be filled up on June 4th-8th 2021. For knowing about the validity of the data in this research by the reference items and triangulation. Then, the collected data is analyzed by data reduction, data presentation, and withdrawal the conclusion. The results obtained in this research are the strategies which are done by the PPKn teachers for consolidating the responsibility of the students at SMP Negeri 7 Jakarta, specifically: (1) Making agreements with students; (2) Keeping school cultures in practice; (3) Giving the link of the present list that must be filled on time; (4) There must be assigning and assessment; (5) Occasionally conducting the learning through Zoom Meeting application; (6) Establish cooperation and communication with the class’ teachers, conseling teachers, and student’s parents. By those strategies, the PPKn teachers at SMP Negeri 7 Jakarta are already making efforts to create an effective learning. Meanwhile, the responsibility of the students on this e-learning is tend to stabilize, despite there is a degradation in several aspects to some students. Therefore, the conclusion is there are 6 strategies are less effective, because there is no significant improvement to the responsibility of the students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Yasnita, M.Si. 2. Prof. Dr. Sarkadi, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 11324 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:09
Last Modified: 26 Aug 2021 02:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17259

Actions (login required)

View Item View Item