KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM MEMBIMBING ANAK SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN PPKN (Studi Kualitatif di SMPN 57 Jakarta)

YOHANES GABRELIUS PANDAPOTAN, . (2021) KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM MEMBIMBING ANAK SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN PPKN (Studi Kualitatif di SMPN 57 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (823kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (931kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keterlibatan Orangtua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran PPKN (Studi Kualitatif di SMPN 57 Jakarta). Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keterlibatan orangtua dalam membimbing anak selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada mata pelajaran PPKN melalui tindakan-tindakan yang dilakukan orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini bertempat di SMPN 57 Jakarta dengan melibatkan 5 orangtua murid sebagai Informan, 1 orang Key Informan, dan 1 orang Expert Opinion. Waktu penelitian ini adalah pada bulan April-Juni 2021. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan orangtua sebagai pembimbing anak dalam belajar selama PJJ pada mata pelajaran PPKN didasari oleh kesadaran orangtua. Pada mata pelajaran PPKN orangtua tidak selalu terlibat dalam membimbing anak, ini dikarenakan anak mampu mengikuti pembelajaran PPKN. Dalam praktiknya para orangtua lebih memilih memberikan bimbingan pada saat awal pembelajaran dan ketika pembelajaran berakhir. Kemudian bentuk keterlibatan yang diberikan orangtua di antaranya adalah membangunkan anak, mengingatkan anak untuk tidak tidur larut malam, menyiapkan bahan pelajaran, mengingatkan absen, memenuhi fasilitas belajar, serta membantu anak mengerjakan tugas yang sulit. Kemudian bentuk lain dari keterlibatan orangtua adalah memberikan dukungan-dukungan kepada anak yang berupa membangun komunikasi dan pendekatan dengan anak serta memberikan motivasi dan semangat. Terdapat dua bentuk cara orangtua memberikan semangat kepada anaknya yaitu, bentuk verbal dan nonverbal (reward). Terdapat kendala yang dialami orangtua diantaranya adalah pekerjaan, kebiasaan anak, dan materi yang sulit dipahami. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat roh pendidikan yaitu tri sentra pendidikan bangkit kembali. Sehingga peranan orang tua dalam pendidikan anak semakin hidup. Kini orang tua tidak sepenuhnya menyerahkan bimbingan kepada guru. Keterlibatan orang tua terbukti memiliki peranan penting. Dalam membimbing anaknya, orangtua memerhatikan karakter dan kebutuhan anak. Kesadaran orang tua sebagai langkah awal dalam membimbing anak. Mengetahui jadwal pelajaran, jenis tugas, dan tenggat waktu tugas anak adalah tindakan utama yang orangtua lakukan. Orangtua membimbing anak pada awal dan akhir dalam pembelajaran PPKN. Bentuk keterlibatan orang tua adalah dengan membimbing anak secara langsung dalam proses pembelajaran anak. Kata Kunci: PJJ, Orangtua, PPKN Involvement of Parents in Guiding Children During Distance Learning in Civics Subjects (Qualitative Studies at SMPN 57 Jakarta). Thesis, Jakarta: Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2021. The purpose of this study was to determine the extent of parental involvement in guiding children during Distance Learning (PJJ) in PPKN subjects by parent’s actions. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques using interviews and documentation. The data analysis technique uses data reduction, data presentation, and conclusions. This research took place at SMPN 57 Jakarta, involving 5 parents as informants, 1 key informant, and 1 expert opinion. The time of this research is in April-June 2021. The findings of this study indicate that the involvement of parents as children's mentors in learning during PJJ in PPKN subjects is based on parental awareness. In PPKN subjects, parents are not always involved in guiding children, this is because children can follow PPKN learning. In practice, parents prefer to guide at the beginning of learning and when learning ends. Then the forms of involvement that parents gave are waking children, reminding children not to sleep late at night, preparing lesson materials, reminding absentees, fulfilling learning facilities, and helping children with difficult tasks. Then another form of parental involvement is to provide support to children in the form of building communication and approaches with children as well as providing motivation and enthusiasm. There are two ways parents encourage their children, namely, verbal and nonverbal (reward) forms. There are obstacles experienced by parents among others jobs, children's habits, and material that is difficult to understand. This study concludes that the existence of Distance Learning (PJJ) makes the spirit of education, namely the tri centers of education, rise again. So that the role of parents in children's education is increasingly alive. Now parents do not fully hand over guidance to teachers. Parental involvement is proven to have an important role. Parents take actions to guide their children. In guiding their children, parents pay attention to the character and needs of children. Parental awareness is the first step in guiding children. Knowing the class schedule, types of assignments, and deadlines for children's assignments are the main actions that parents take. Parent’s guide their children at the beginning and end of Civics learning. The form of parental involvement is to guide children directly in the child's learning process. Keywords: PJJ, Parents, PPKN

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuyus Kardiman, M.Pd 2). Iqbal Syafrudin, S.Pd., M.I.P
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 10929 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:22
Last Modified: 26 Aug 2021 03:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17373

Actions (login required)

View Item View Item