PENGARUH LINGKUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK DALAM BELAJAR (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta)

Rizky Nurisriyani, . (2021) PENGARUH LINGKUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK DALAM BELAJAR (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Rizky Nurisriyani, Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Motivasi Intrinsik Dalam Belajar. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Pembelajaran Jarak Jauh di era pandemi Covid-19 menjadi sebuah alternatif yang digunakan oleh setiap universitas agar kegiatan proses belajar terus berjalan meskipun hanya tatap maya agar tujuan pendidikan tercapai secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Motivasi Intrinsik dalam belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS angkatan 2018-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2018-2020 sebanyak 252 mahasiswa, sedangkan yang digunakan untuk sampel sebanyak 155 responden. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji korelasi Pearson Product Moment diperoleh hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga variabel X dan Y berkorelasi dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil Uji-t diperoleh hasil thitung 8,384 > dari ttabel 1,975, artinya terdapat pengaruh variabel Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Motivasi Intrinsik dalam Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS. Hal tersebut diperkuat dengan perolehan hasil uji koefisien determinasi sebesar 31,3%. Kata Kunci: Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh, Motivasi Intrinsik, Pembelajaran. ABSTRACT Rizky Nurisriyani, Distance Learning Environment on Intrinsic Motivation in Learning. Thesis. Jakarta: Social Science Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2021. Distance Learning in the era of the Covid-19 pandemic has become an alternative used by every university so that learning activities can continue even though it is only face-to-face so that educational goals are achieved effectively and efficiently. This study aims to analyze the effect of the Distance Learning Environment on Intrinsic Motivation in learning in Social Sciences Education Study Program students class 2018-2020. The method used in this research is quantitative research method with the sampling technique used is Cluster Sampling. The population used in this study were 252 social studies education students batch 2018-2020, while the sample used was 155 respondents. Results Based on research using the Pearson Product Moment correlation test, a significant value of 0.000 <0.05 was obtained so that the variables X and Y correlated with categories. Based on the results of the t-test, the results of tcount 8.384> from ttable 1.975, meaning that there is an influence of the Distance Learning Environment variable on Intrinsic Motivation in Student Learning of the Social Studies Education Study Program. This is with the acquisition of the coefficient of determination test results of 31.3%. .Keywords: Distance Learning Environment, Intrinsic Motivation, Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dian Alfia Purwandari, SE., M.Si 2). Sujarwo, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 11021 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:06
Last Modified: 27 Aug 2021 03:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17588

Actions (login required)

View Item View Item